Hari Kartini, PPP Ingatkan Tantangan Perempuan di Era Digital

Perayaan Hari Kartini di Sekolah Dasar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Peringatan Hari Kartini tahun 2019 diharapkan kalangan perempuan lebih berperan di era digital khususnya terkait tumbuh kembang anak yang mengalami tantangan yang lebih kompleks.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Wakil Ketua Umum DPP PPP Reni Marlinawati mengatakan peringatan hari kartini tahun 2019 ini diharapkan kaum perempuan lebih peduli atas tantangan yang muncul akibat perkembangan digital yang begitu masif. "Era digital menjadikan tantangan yang harus dihadapi oleh kartini-kartini era saat ini dengan bijak," ujar Reni, dalam keterangan pers, Minggu, 21 April 2019.

Reni menyebutkan tantangan nyata yang dihadapi kalangan perempuan saat ini tak lain mengawal proses tumbuh kembang anak di tengah derasnya informasi yang begitu masif di era digital. "Tantangan nyata yang harus menjadi perhatian serius ibu-ibu tak lain adalah derasnya informasi yang berlimpah menghampiri anak-anak kita," terang Reni.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini menguraikan tantangan yang muncul akibat digital, di antaranya soal permainam berbasis digital (game), tayangan pornografi, informasi palsu atau bohong, hingga tayangan yang tak layak dikonsumsi oleh anak-anak. 

"Orang tua, khususnya ibu-ibu harus bijak dalam penggunaan smartphone bagi anak-anak. Termasuk memperhatikan kesehatan mata dan tumbuh kembang anak akibat penggunaan smartphone yang berlebih," ingat Reni.

Dua Laki-laki Bawa Kabur Water Barrier di Ragunan, Ini Kata Polisi

Reni menambahkan peran Kartini di era digital ini harus memastikan anak-anak sebagai generasi emas di waktu mendatang dapat menjalani proses tumbuh kembang dengan baik dan terbebas dari paparan negatif di saluran digital. "Perempuan dan ibu sebagai madrasah pertama bagi anak-anak menjadi benteng utama untuk melahirkan generasi masa depan yang cerdas, berakhlak dan memiliki daya saing," tutup Reni.

Menteri BUMN Erick Thohir

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan perempuan memiliki hak yang sama untuk mengejar dan mewujudkan cita-citanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024