Kominfo Tegaskan Tak Perlu Kompromi Soal Blokir Jurdil2019.org
Senin, 22 April 2019 | 17:32 WIB

Kominfo Tegaskan Tak Perlu Kompromi Soal Blokir Jurdil2019.org

Jurdil2019.org memprotes tidak ada pemberitahuan sebelum blokir.
Tampilan laman www.jurdil2019.org
Photo :
  • Tangkapan layar Jurdil2019.org

Tampilan laman www.jurdil2019.org

VIVA – Pemblokiran website www.jurdil2019.org berbuntut panjang. Pengelola platform daring tersebut mengeluhkan kenapa tidak ada pemberitahuan sebelum blokir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Pengelola Jurdil2019.org memprotes, seharusnya sebelum diblokir mereka mendapatkan pemberitahuan atau peringatan. Jurdil2019.org juga heran sebab mereka merasa tidak ada konten negatif pada platform mereka. 

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu menegaskan, pemblokiran situs Jurdil2019.org tidak perlu pemberitahuan. Sebab, Kominfo melaksanakan permintaan Bawaslu yang meminta memblokir laman tersebut. 

"Kami tak menanyakan atau koordinasi dengan pihak yang akan diblokir. Model (laman) Jurdil2019.org ini tak lagi perlu komunikasi karena kami tinggal laksanakan (aduan) instansi. Yang dilakukan Bawaslu itu minta agar website Jurdil diblokir," jelas pria yang akrab disapa Nando itu kepada VIVA, Senin 22 April 2019. 

Nando mengatakan, Kominfo percaya dengan kredibilitas Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu, yang mana berupaya menegakkan aturan tentang Pemilu. Untuk itu, mengingat Bawaslu meminta blokir situs tersebut, maka Kominfo langsung mengeksekusinya.