Jadi Sarang Paedofil, Tiga Aplikasi Kencan Ini Diblokir

Ilustrasi paedofil
Sumber :
  • www.pixabay.com/alexas_fotos

VIVA – Komisi Perdagangan Federal Inggris atau FTC baru-baru ini mengatakan Google dan Apple menghapus tiga aplikasi kencan dari Play Store dan App Store. Langkah itu dilakukan karena aplikasi kencan berpotensi digunakan oleh predator seksual anak alias paedofil.

Penyelidikan Independen: Ditemukan Ribuan Paedofil di Gereja Prancis

Dikutip dari laman Tech Crunch, Selasa 7 Mei 2019, pengacara FTC, Lisa Weintraub Schifferle menuliskan, ketiga aplikasi yang dihapus adalah FastMeet, Meet24 dan Meet4U. Aplikasi yang semuanya dibuat perusahaan Ukraina, Wildec itu melanggar Undang-undang Perlindungan Privasi Online Anak-anak (COPPA) dan Undang-undang FTC.

Dalam keterangannya, Wildec mengatakan, aplikasi tersebut akan mencegah pengguna untuk menemukan pengguna lainnya yang usianya di bawah 13 tahun. Namun saat dilakukan pengujian fungsi fitur pencarian Meet24, staf FTC menemukan pengguna di dekat lokasi mereka berada yang berusia 12 tahun.

Santri Korban Guru Paedofil di Ogan Ilir Bertambah Jadi 26 Orang

COPPA mengharuskan pengembang aplikasi untuk mendapat persetujuan dan diverifikasi oleh orang tua, sebelum meminta anak usia di bawah 13 tahun memberikan informasi pribadi. FTC menuding, Wildec gagal menaati ketentuan dan melanggar COPPA.

Alasannya, FTC Menduga Wildec sejatinya tahu anak-anak menggunakan aplikasinya. FTC mengatakan, mereka akan meninjau aplikasi selama bulan berikutnya untuk melihat apakah perusahaan mematuhi hukum atau tidak.

Predator Anak di Sumsel Ditangkap, Jumlah Korbannya Mencengangkan

Eksploitasi anak masih menjadi masalah yang serius. Awal tahun ini pemerintah Inggris membuat undang-undang, mewajibkan verifikasi usia untuk pengguna aplikasi kencan setelah sebelumnya terdapat laporan, ada lebih dari 30 kasus pemerkosaan anak terkait aplikasi Tinder dan Grindr sejak 2015.

Ilustrasi paedofil

Pendiri Partai PNVD yang Ingin Legalkan Seks dengan Anak Ditangkap

Bos geng kejahatan atas anak sekaligus pendiri partai paedofil bernama PNVD tak lolos di Parlemen Belanda itu ditangkap di Mexico City, Meksiko. Mengerikan.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2022