Induk Usaha Tik Tok Bikin Feiliao, Biar Penggunanya Lebih Akrab - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 20 Mei 2019 | 14:21 WIB

Induk Usaha Tik Tok Bikin Feiliao, Biar Penggunanya Lebih Akrab

Aplikasi ini jadi pesaing WeChat dan Jike, keduanya milik Tencent.
Tik Tok.
Photo :
  • TikTok

Tik Tok.

VIVA – Induk perusahaan Tik Tok, ByteDance Technology, meluncurkan Feiliao atau Flipchat. Ini merupakan aplikasi pesan instan yang tersedia untuk iOS dan Android.

Dikutip dari situs TechCrunch, Senin, 20 Mei 2019, kehadiran Feiliao diprediksi menjadi pesaing kuat WeChat. Namun, faktanya tidak demikian.

WeChat ditempatkan sebagai komunikasi sehari-hari dan memfasilitasi kebutuhan pembayaran, memanggil mobil, pengiriman makanan dan layanan lainnya.

Sementara Feiliao lebih ke mendorong pengguna membuat forum atau grup yang sesuai dengan minat dan hobi. Dalam deskripsi ByteDance menjelaskan bahwa aplikasi ini memiliki fitur chat dan panggilan video.

Pengguna akan menemukan teman baru dan membagi apa yang mereka sukai sehingga berbagi kehidupan sehari-hari di Feed Feiliao dan berinteraksi dengan teman dekat.

"Feiliao adalah produk media sosial terbuka. Kami berharap aplikasi ini bisa menghubungkan orang-orang yang memiliki minat yang sama sehingga membuat kehidupan orang lain lebih beragam dan menarik," demikian keterangan resmi ByteDance.

Namun secara keseluruhan, Feiliao justru lebih mirip Jike (baca: gee-keh), aplikasi yang dikembangkan Tencent, ketimbang WeChat. Jike memungkinkan pengguna menemukan konten dan saling terhubung satu sama lain berdasarkan topik, menjadikannya mitra terdekat Reddit.

Meski Feiliao bukan pesaing WeChat, namun aroma persaingan bisnis antara ByteDance dan Tencent terus memanas.

Menurut laporan yang diterbitkan perusahaan riset Questmobile, ByteDance menyumbang 11,3 persen pengguna aktif bulanan atau monthly active user (MAU) pada Maret 2019, atau meningkat dari periode yang sama tahun lalu yang hanya 8,2 persen (year on year/yoy).

Sedangkan, Tencent mengalami penurunan pengguna aktif bulan menjadi 43,8 persen dari periode yang sama tahun lalu yang berkisar di angka 47,5 persen.

Sisanya diikuti oleh Alibaba dan Baidu yang masing-masing naik tipis 44,9 persen pengguna aktif bulanan dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 44,3 persen.

Saksikan Juga

Viral, Video Wapres JK Joget Tik Tok Bareng Cucu

TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu
loading...
Muat Lainnya...