Spotify Minta Pengguna Ganti Password

Spotify.
Sumber :

VIVA – Layanan streaming musik asal Swedia, Spotify, memberitahu pengguna untuk mengatur ulang password akun mereka. Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Masyarakat Diminta Jangan Gampang Umbar Data Pribadi

Dilansir dari situs TechCrunch, Sabtu, 25 Mei 2019, dalam email yang diterima pengguna alasan Spotify adalah 'karena mendeteksi aktivitas mencurigakan'.

Juru Bicara Spotify, Peter Collins, mengatakan langkah tersebut bagian dari pemeliharaan lebih jauh untuk mengurangi penipuan di layanannya.

10 Tahun K-Pop ON!, Spotify Rilis Single Spesial dari ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON, dan STAYC

"Kami baru-baru ini berkomunikasi dengan pengguna untuk mengatur ulang password sebagai tindakan pencegahan. Kami menyarankan pengguna untuk tidak memakai kredensial yang sama pada sejumlah layanan untuk melindungi diri," ujarnya.

Pernyataan Collins ini dapat diartikan adanya serangan kredensial, di mana peretas mengambil daftar nama pengguna dan kata sandi dari situs lain yang telah teretas dan mencoba akun mereka di Spotify.

Spotify Announces to Lay off 1500 Employees

Aktivitas mereset kata sandi pengguna jamak dilakukan perusahaan teknologi, jika mereka yakin kata sandi itu lemah atau mudah ditebak. Perusahaan biasanya tidak menyimpan kata sandi pengguna dalam plaintext.

Mereka akan mengacak kata sandi menggunakan algoritma hashing and enkription. Dengan mengacak daftar kata sandi yang lemah atau dicuri menggunakan algoritma yang sama, perusahaan dapat mencocokkan kata sandi yang lemah dengan database mereka sendiri dan secara proaktif mengirimkan email pengaturan ulang kata sandi.

Tak hanya Spotify, Netflix dan Facebook juga secara proaktif mengatur ulang kata sandi akun, setelah pelanggaran data pihak ketiga dengan memperoleh kumpulan data dan mencocokkan kata sandi yang terbuka dengan basis data mereka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya