Logo WARTAEKONOMI

Diskon Ojek Online Dihapus, Pengemudi Malah Happy

Diskon Ojol Dihapus, Driver Malah Happy. (FOTO: Tech Crunch)
Diskon Ojol Dihapus, Driver Malah Happy. (FOTO: Tech Crunch)
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVA- Wakil pengemudi GrabCar dalam Front Driver Online (FDO), Aris Nur Adim tidak mempermasalahkan bila diskon ojek online dihapus. Sebaliknya, ia mendukung langkah itu selama tidak merugikan pengemudi.

"Kalau diskonnya dibebankan ke kami saya sangat setuju. Tapi kalau dibebankan perusahaan, saya berpendapat menolak," ucap Aris saat dihubungi, Selasa kemarin.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan urgensi melarang praktik diskon tarif di transportasi online demi melindungi masyarakat, pengemudi dan keberlanjutan dari bisnis transportasi online.

Terhadap itu, Aris menilai perang harga telah terjadi di aplikasi ojek online, khususnya operator terbesar Gojek dan Grab. Perang ini kerap kali berdampak pada pengemudi taksi online.

Terlebih selama ini, Aris melihat diskon itu kerap kali dibebankan kepada pengemudi. Hal ini yang membuat dirinya merugi, pendapatan harian berkurang.

"Tetapi kalau diskon itu untuk pengguna lebih bagus," ucapnya.

Lepas dari aturan diskon, Aris menilai, saat ini yang dibutuhkan pengemudi online yakni kesejahteraan. Kondisi ini nyaris tak terlihat saat ini, sebab banyak perbudakan yang dilakukan perusahaan saat melakukan perang tarif atau diskon.