Harga Domain .org Naik, Bagaimana Nasib .com?

Ilustrasi nama domain
Sumber :
  • www.pixabay.com/jirehg

VIVA – Bagi kamu yang berencana membuat domain .org  siap-siap kocek yang lebih. Sebab harga nama domain .org bakal naik. 

Tetap Eling sama Kejahatan Phishing

Organisasi pengelola nama domain, ICANN telah setuju menghapus pembatasan harga nama domain .org, meski banyak ditentang. Dengan penghapusan tersebut, pengelola nama domain .org, Public Interest Registry bisa mengenakan harga domain tersebut sesuka hati, semau mereka.

Dikutip dari laman Techradar, Rabu 3 Juli 2019, saat ini total ada sekitar 10 juta laman yang sudah registrasi menggunakan nama domain .org. 

683 Situs Pemerintahan dan Lembaga Pendidikan Disusupi Judi Online

Umumnya nama domain .org dipakai oleh lembaga non profit, yayasan sampai organisasi swasta. Dengan penghapusan batasan harga tersebut, maka lembaga yang menggunakan nama domain .org siap-siap merogoh kocek yang lebih dari sebelumnya. 

Namun demikian, Public Interest Registry kemungkinan akan menimbang beberapa hal sebelum menaikkan harga domain .org. 

Domain .ID Ingin Unjuk Gigi di Rumah Sendiri

Salah satu yang kemungkinan dipertimbangkan adalah mayoritas menentang penghapusan batasan harga nama domain tersebut. Keputusan ICANN menghapuskan batasan harga domain .org ini hanya disetujui oleh 6 dari lebih dari 3 ribu komentar soal rencana tersebut. Meski ditentang, namun ICANN tak menimbangnya. 

Langkah ICANN dianggap menjadi preseden buruk bagi pengelolaan harga domain. Bisa saja nanti ICANN menaikkan harga domain .com. Kekhawatiran ini beralasan, pengelola nama domain .info, Afilias, memberikan sinyal akan menaikkan harga domain .info, tergantung dari tingkat permintaan. (ali)   

Acara PANDI

PANDI Cetuskan Gagasan Indonesia Berdaulat Digital

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau PANDI akan kembali menggelar pertemuan dengan membawa gagasan Indonesia Berdaulat Digital, pada tanggal 16-17 Mei 2024 di ho

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024