Logo WARTAEKONOMI

Pria Ini Masuk Daftar Orang Paling Tajir Berkat PUBG

Pria Ini Masuk Daftar Orang Terkaya di Korea Selatan Berkat PUBG. (FOTO: Vaaju)
Pria Ini Masuk Daftar Orang Terkaya di Korea Selatan Berkat PUBG. (FOTO: Vaaju)
Sumber :
  • wartaekonomi

Siapa yang enggak tahu game bergenre Battle Royale asal Korea Selatan (Korsel), PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds)? Game yang telah mendunia ini banyak mendulang kekayaan untuk berbagai pihak. Bukan hanya pemainnya, melainkan bagi pengembangnya juga.

Chang Byung Gyu yang merupakan Founder & Chairman Krafton menduduki posisi ke-47 orang terkaya di Korsel berkat game tersebut. Anak usaha Krafton, Bluehole dikenal sebagai pengembang video game yang telah menghasilkan sejumlah portofolio, seperti PUBG, TERA, dan Devilian.

Bluehole berdiri sejak tahun 2007. Melansir dari Forbes, Chang resmi memulai debutnya dalam daftar orang terkaya di Korsel dengan kekayaan mencapai US$890 juta atau hampir Rp13 triliun. Sebagian besar kekayaan tersebut berasal dari PUBG.

PUBG pertama kali diluncurkan tahun 2017. Sejak itu pula kepopularitasannya langsung melesat. Game ini mampu melampaui popularitas merek-merek lain yang dikembangkan lebih dulu, seperti TERA (2011) dan Devilian (2015).

Para penikmat video game menggemari PUBG lantaran game buatan Brendan Greene itu mengadopsi film asal Jepang Battle Royale yang dibuat 2000. Selain itu, game tersebut juga bisa dimainkan hingga 100 orang dalam waktu yang bersamaan, sehingga pemain yang tetap bertahan hingga akhir (last man standing) menjadi pemenangnya.

Berkat PUBG, kinerja keuangan Krafton mulai terlihat hasilnya. Pada tahun lalu, Krafton meraup pendapatan US$1 miliar, naik tiga kali lipat dibandingkan tahun 2017 meski masih rugi bersih US$220 juta. Namun, kerugian tersebut menyusut dibandingkan tahun 2017 yang mencapai US$820 juta.