XL Axiata Blak-blakan Bicara Aturan IMEI

Direktur Utama PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini (tengah).
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mendukung rencana pemerintah soal aturan IMEI ilegal. Dengan adanya aturan ini diharapkan bisa menghilangkan keberadaan ponsel ilegal atau black market (BM).

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

"Jadi yang masuk ke Indonesia itu benar-benar legal," kata Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini kepada VIVA, Senin Malam, 15 Juli 2019. Ia mengatakan bahwa sudah ada komunikasi dengan pemerintah mengenai aturan tersebut.

Tapi, Dian mengingatkan perlu membicarakan sistem yang akan digunakan nanti. Soal pengecekan IMEI, ia menyebut harus diperjelas, baik peran pemerintah maupun operator telekomunikasi ke depannya.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

"Samalah seperti pre-paid registration yang kita lakukan. Kita berikan data ke dukcapil dan mereka akan bilang, 'ini oke atau enggak'? Kira-kira mekanismenya seperti itu," ungkap Dian.

Mengenai ada atau tidaknya dampak terhadap jumlah pelanggan, ia mengaku kemungkinan ada. Meski begitu, Dian menekankan lagi jika aturan ini resmi berlaku maka akan membantu pendapatan negara.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Nantinya, lanjut Dian, masyarakat akan mengerti ponsel ilegal tidak akan menguntungkan siapa pun. "Saya rasa ke depannya kalau ini betul-betul diimplementasikan maka masyarakat akan sadar juga," paparnya.

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024