Cara Menkominfo Ramaikan Industri eSports Tanah Air

Menkominfo Rudiantara (kiri).
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terus memberikan dukungan kepada perkembangan eSports di Tanah Air melalui beragam instrumen. Menurutnya, eSports bukan sekadar permainan tapi sudah menjadi ajang profesional.

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

“Ini peluang bagi Indonesia. Tidak hanya untuk mengembangkan game lokal tapi menjadi wadah bagi anak muda kita mengukir prestasi eSports di level internasional,” ungkap dia, lewat keterangannya, Rabu, 7 Agustus 2019.

Lebih lanjut Rudiantara menyampaikan bahwa dalam urusan games dan eSports, peran pemerintah lebih sebagai fasilitator dan akselerator, bukan sebagai regulator.

Tren Investasi sektor Industri Terus Naik, Sinergi Kebijakan Instansi Pemerintah Jadi Sorotan

“Satu-satunya regulasi yang diterbitkan Kominfo terkait games hanya Permenkominfo No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Umum Permainan Interkatif Elektronik. Ini menunjukkan bahwa pemerintah ingin industri games dan eSports berkembang cepat," katanya.

Berdasarkan laporan yang dirilis Newzoo, Indonesia menjadi salah satu pasar video game terbesar di Asia Pasifik, dengan angka mencapai US$941 juta (sekitar Rp13 triliun). Melihat angka tersebut, bukan hal mengherankan apabila industri eSports juga ikut berkembang pesat.

Bos Apple Langsung Sambangi Prabowo usai Bertemu Jokowi, Ini yang Dibicarakan

eSports adalah permainan video game yang bersifat kompetitif. Apabila sebelumnya eSports identik dengan game untuk PC dan konsol, kini telah menjamah ranah game mobile.

Selain itu, Rudiantara juga berencana menjadi pembicara utama dalam The International 9th di Games Land Party (GLP) 2019 yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada 24-25 Agustus 2019, sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam perkembangan eSports.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Electronic Sports Indonesia, Christian Suryadi, menyebut Games Land Party (GLP) 2019 akan diikuti lebih dari 10 ribu pengunjung dan menjadikan ajang ini sebagai kopi darat semua komunitas gamers terbesar yang diadakan di Indonesia tahun ini.

"Yang menarik dari eSports adalah mayoritas game yang dipertandingkan membutuhkan kerja sama dan kolaborasi berbagai karakter dengan sebuah tujuan dan objektif yang sama, yaitu juara," ujar Christian.

Menurut pria yang telah berkecimpung di dunia eSports selama 13 tahun ini menambahkan Games Land Party 2019 adalah event yang diadakan sebagai wadah berkumpulnya para gamers dari berbagai platform sekaligus.

Hal ini juga menunjukkan bahwa eSports adalah salah satu industri baru yang berkembang dengan pesat, baik dari sisi ekonomi maupun sosial.

“Ajang ini kami hadirkan untuk memberikan wadah bagi pelanggan yang mencintai game dan eSports serta sebagai salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia. Kami ingin para gamers Tanah Air saling berinteraksi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya