4 Jawaban Instagram ke Habib Novel soal Curhat Habib Rizieq Dihapus

Habib Novel Alaydrus
Sumber :

VIVA – Beberapa hari lalu, kamu sudah baca kan Habib Novel Alaydrus memutuskan mencopot atau menghapus akun Instagram-nya. Alasannya sih, dia kesal karena Instagram menghapus postingan terkait Habib Rizieq Shihab dan prosesi pemakaman KH. Maimoen Zubair atau Mbah Moen. Habib Novel pun menuntut jawaban dan keterangan dari Instagram.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Kepada VIVA.co.id, Habib Novel heran kenapa, apa pun yang berbau Habib Rizieq Shihab dalam waktu yang tak lama langsung dihapus. Ulama asal Surakarta itu mengaku sudah berkali-kali postingannya tentang Habib Rizieq Shihab dihapus. 

Menjawab kekesalan Habib Novel, Instagram menjelaskan, pada prinsipnya mereka ingin menjaga platform menjadi tempat yang nyaman untuk semua pengguna berbagi kisah dan momen masing-masing. Namun Instagram akan bertindak jika ada postingan atau konten yang melanggar Pedoman Komunitas Instagram. 

Hard Gumay Bongkar Isi DM Instagram dengan Stevie Agnecya, Konsul Tentang Santet?

Berikut jawaban lengkap Instagram soal keluhan Habib Novel melalui email kepada VIVA.co.id, Rabu 14 Agustus 2019:

Nyaman untuk semua orang

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

Instagram menginginkan semua pengguna bisa berbagi kisah mereka pada platform media sosial milik Facebook itu. 

"Kami ingin agar semua orang yang menggunakan Facebook dan Instagram merasa aman dan nyaman saat mereka berbagi cerita maupun berhubungan dengan teman dan keluarganya," ujar Instagram. 

Baca juga: Esemka Diklaim Bukan Mobil Nasional

Instagram terbuka berdiskusi

Instagram menegaskan mereka siap menerima masukan untuk terus mengedukasi konten dan pengguna.

"Facebook dan Instagram terbuka untuk orang berdiskusi mengenai beragam topik dan gagasan serta meningkatkan kesadaran akan isu yang penting bagi masyarakat," kata Instagram. 

Haram ujaran kebencian atau kekerasan 

Instagram menegaskan akan menghapus konten yang melanggar Pedoman Komunitas yang telah ditetapkan. 

"Pedoman Komunitas kami dibuat untuk mencegah adanya organisasi atau individu yang menyerukan ujaran kebencian atau kekerasan terhadap pihak lain yang memiliki pandangan berbeda dengan mereka," kata Instagram. 

Keamanan komunitas 

Keamanan dari komunitas kami adalah tanggung jawab utama Instagram. Untuk itu anak usaha dari Facebook ini telah merancang sistem pelaporan yang memastikan komunitas Instagram bisa saling nyaman.  

"Kami telah berinvestasi dalam sistem pelaporan dan teknologi untuk menandakan dan menghapus konten yang tidak memenuhi pedoman kami," kata Instagram.

Bagaimana menurut kamu jawaban Instagram atas kekesalahan Habib Novel tersebut?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya