Artis Banyak Mualaf, Kenali 8 Alasan Psikologi Pindah Agama

Ilustrasi kaum beragama.
Sumber :
  • www.pixabay.com/maxlkt

VIVA – Baru saja kita mendapat kabar tentang beberapa tokoh publik yang memutuskan mualaf atau memeluk Islam, seperti artis Marcella Simon dan kakak dari Ustaz Felix Siauw, Freddy Siauw. Ada juga influencer yang belum lama ini dikabarkan meninggalkan Islam, yaitu Salmafina Sunan.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Menurut seorang psikolog, Thomas Swan mengatakan, perpindahan agama ini dikaitkan dengan 'imbalan' yang bisa didapatkan oleh mereka yang mau pindah agama. Ketertarikan ini frekuensinya akan meningkat pada waktu-waktu tertentu lho.

Dikutip dari situs Owlcation, Minggu 8 September 2019, ada delapan alasan yang paling umum, yang menjadi alasan seseorang meninggalkan agamanya dan tertarik pada agama lain.

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Konversi remaja

Menurut Thomas Swan, para pemuka agama menganggap saat usia sekolah merupakan waktu yang cocok untuk pembentukan iman. Pikiran anak seringkali belum mampu berpikir secara rasional, membuatnya rentan terhadap keajaiban dan mukjizat yang ada di kitab suci.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Konversi orang miskin

Pada negara yang terbelakang dan daerah miskin yang ada di negara maju, standar pendidikannya diketahui rendah. Hal ini menyebabkan mereka tidak bisa meneliti kebenaran agama yang tersebar di sana. Alasan lain adalah karena kemiskinan.

Studi mengatakan, negara yang kaya ditinggali oleh masyarakat yang religius. Para misionaris memanfaatkan pola ini dan melakukan perjalanan ke negara-negara terbelakang untuk menghasut masyarakat memeluk agamanya dan berkedok sebuah badan amal.

Konversi orang sakit

Semua orang memiliki ketakutan akan kematian, apalagi jika kondisinya sudah harus berada di rumah sakit. Merangsang seseorang dengan kematian konon dapat membuat mereka lebih religius. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh umat beragama. Biasanya mereka akan mengiming-imingi kesembuhan atas luka-luka yang diderita.

Konversi orang tertekan

Keadaan ini biasanya membuat seseorang mencari nasihat dari seorang imam. Depresi disebabkan oleh bermacam-macam hal, tapi keadaan yang disebabkan oleh sebuah kegagalan biasanya membuat mereka mengevaluasi diri. Mereka akan memulainya dengan mengikuti ajaran nabi dengan keyakinan yang baru.

Konversi narapidana

Narapidana biasanya mendapat penolakan dari masyarakat, membuat mereka mencoba memperbaiki hubungan dengan menganut kepercayaan lain. Selain itu karena tingkat pendidikan yang rendah, mudah bagi mereka untuk terpengaruh agama lain.

Konversi kecanduan

Perkumpulan mantan pecandu alkohol atau Alcoholics Anonymous akan diminta berdoa kepada dewa untuk mendapat bantuan dan ini melibatkan praktik keagamaan pengakuan dosa. Seperti praktik-praktik lainnya, mereka harus mengakui kelemahannya dan kemudian diganti dengan kecanduan lainnya, yaitu agama.

Konversi delusi

Ada dua pengalaman spiritual secara umum, pertama adalah menyaksikan keindahan dan kedua ialah komunikasi dengan Tuhan. Keduanya menunjukkan keadaan seseorang yang tengah tertekan atau gelisah, ciri khas terhadap orang yang risau dengan agamanya.

Konversi neraka

Takut pada neraka jadi alasan umum individu melakukan pindah agama. Hal ini juga didukung dengan banyaknya ayat suci yang mengatakan untuk takut pada Tuhan, neraka dan ramalan. Hal tersebut dilakukan para penganut untuk patuh terhadap apa yang sudah diperintah oleh Tuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya