Pakai Trik Simpel Ini untuk Bobol Akun Digembok, Sudah Teruji Lho

Ilustrasi media sosial.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Akun Instagram dan Facebook yang dikunci ternyata tidak sepenuhnya tertutup seperti yang terlihat. Foto dan video masih bisa diakses, diunduh dan didistribusikan secara publik oleh teman dan followers lewat cara yang sederhana.

Trik membobol ini juga bekerja pada Instagram stories yang hanya membutuhkan pemahaman dasar soal HTML dan browser serta bisa dilakukan dengan beberapa kali klik.

Pengguna bisa melihat gambar dan video yang diunggah oleh pengguna dengan akun terkunci dan mengambil sumber URLnya. URL publik ini bisa dibagikan dengan orang yang tidak log in Instagram atau pun tidak mengikuti private user itu.

Seperti dilansir laman BuzzFeed News, Selasa 10 September 2019, menurut tes yang dilakukan BuzzFeed's Tech + New Working Group, dokumen JPEG dan MP4 dari feed dan stories pada akun terkunci bisa dilihat, unduh, dan dibagikan secara publik dengan cara ini.

Trik ini juga bekerja walaupun gambar dan video yang diunggah di Instagram story sudah kedaluarsa. Menautkan URL pada konten dari story nampaknya bisa berlaku dalam beberapa hari sedangkan untuk feed bertahan lebih lama.

Karena semua data dihosting oleh jaringan Facebook, penyelesaiannya juga bisa diaplikasikan pada konten akun Facebook yang terkunci. Jika teman atau follower mengambil link, mereka bisa membagikannya dengan orang yang bukan teman maupun follower.

Instagram dan Facebook belum berkomentar mengenai penemuan ini.

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan Nobar Webinar Literasi Digital.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024