Soal Bukalapak PHK Karyawan, Merger Saja dengan Blibli atau Lazada
Selasa, 10 September 2019 | 16:38 WIB

Soal Bukalapak PHK Karyawan, Merger Saja dengan Blibli atau Lazada

Persaingan industri e-commerce di Indonesia tidak efisien.
Bukalapak
Photo :
  • Instagram/@bukalapak

Bukalapak

VIVA – Bukalapak digoyang dengan isu PHK karyawan. Kabar tersebut menjadi perhatian publik Tanah Air. Ya iyalah, Bukalapak merupakan salah satu startup besar di Indonesia. Perusahaan besutan Ahmad Zacky itu merupakan salah satu startup unikorn di Indonesia. 
 
Dengan kondisi tersebut, pengamat manajemen bisnis, Yodhia Antariksa menyarankan sebaiknya Bukalapak merger atau berkonsolidasi dengan pemain perdagangan elektronik yang lainnya.   

"Saran saya merger. Di Indonesia terlalu banyak industri e-commerce, enggak efisien. Kalau di Amerika Serikat kan ada Amazon, di China ada Alibaba, di Indonesia ada empat yang besar, yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee  dan Bukapalak," kata pakar lulusan Texas A&M University Amerika Serikat tersebut.

Dengan banyaknya pemain e-commerce, menurut Yodhia, membuat persaingan menjadi tidak efisien bagi perusahaan. Makanya, menurut dia, langkah konsolidasi atau merger menjadi solusi supaya kompetisi semakin bagus. "Saran saya merger saja sama Blibli atau Lazada," ujarnya.

loading...