Akhirnya Seluruh Papua Barat Bisa Internetan Lagi - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 11 September 2019 | 16:09 WIB

Akhirnya Seluruh Papua Barat Bisa Internetan Lagi

Seluruh Papua Barat sudah dibuka blokir internetnya.
Demonstrasi Nyalakan Lagi internet Papua
Photo :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

Demonstrasi Nyalakan Lagi internet Papua

VIVA – Setelah tiga pekan tanpa internet, akhirnya Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka blokir internet di wilayah Papua Barat. Dua wilayah terakhir yang dibuka internetnya yaitu Kota Manokwari dan Kota Sorong. 

Kominfo menuturkan, pembukaan blokir internet di dua kota tersebut berkaitan dengan perkembangan situasi yang sudah normal dan terkendali.

"Sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat sudah kondusif. Pemerintah membuka kembali seluruh layanan data yang diselenggarakan oleh operator seluler di 13 kabupaten/kota di provinsi tersebut, pada Rabu (11/9) pukul 16.00 WIT," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam pernyataannya, Rabu 11 September 2019. 

Sebelumnya 11 Kabupaten di Papua Barat, buka blokir internetnya dilakukan secara bertahap. Wilayah yang sebelumnya sudah dibuka blokir yaitu Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Sorong. 

Baca juga kuy: Jangan Kaget, Facebook Tahu Kapan Kamu Berhubungan Seks

Untuk wilayah Papua, masih ada sisa dua wilayah yang masih diblokir internetnya yaitu Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Di Papua, 27 wilayah yang dibuka blokir internet secara bertahap. 

"Pemerintah akan terus memantau situasi dan kondisi keamanan di kedua wilayah tersebut dalam 1 (satu) atau 2 (dua) hari ke depan," ujar dia. 

Untuk sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi soal isu Papua menunjukkan tren menurun sejak 31 Agustus 2019 dengan 42 ribu URL. Puncak sebaran konten-konten itu terjadi pada 30 Agustus 2019 dengan URL berjumlah mencapai 72.500.

Saksikan Juga

176 Warga Binaan Lapas Papua Belum Kembali Pasca Rusuh

TVONE NEWS - 7 hari lalu
loading...
Muat Lainnya...