Bencana Asap di Riau, Ramai-ramai Tag Akun Twitter Jokowi

Ilustrasi/Aksi massa protes bencana kabut asap di Riau yang diduga melibatkan sejumlah korporasi sebagai penyebab kebakaran hutan dan lahan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Sudah menjadi tradisi, saat musim panas beberapa daerah di Indonesia mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tradisi ini tentu menjadi hal yang negatif. Karhutla konon katanya untuk membuka lahan baru. 

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Sejak kemarin ada beberapa trending topic berkaitan dengan bencana asap yang menyelimuti Riau, Sumatera. Kemudian pada Jumat, 13 September 2019, sekitar pukul 06.30 WIB terdapat tagar #RiauDibakarBukanTerbakar yang menjadi trending topic di posisi keenam. 

Kemudian pada pukul 07.30 WIB tagar jadi populer nomor dua, lalu naik ke posisi puncak atau nomor satu pada pukul 10.30 WIB hingga berita ini dibuat. Sedangkan jumlah warganet yang membuat tweet mencapai 78,5 ribu. 

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Apa yang mereka unggah di media sosial dilengkapi dengan foto beserta video tentang keadaan di sana yang begitu memprihatinkan. Bahkan beberapa juga 'memanggil' akun Twitter milik Presiden Joko Widodo, @jokowi, berharap pemerintah segera turun tangan untuk mengatasinya. 

"Ya Allah sedih kali sampe begini #RiauDibakarBukanTerbakar," tulis akun @wiyora disertai sebuah video dengan keterangan, kejadian pukul 07:35, 13 September 2019. Ditemukan seorang wanita sesak nafas di perempatan Bank Riau Kepulauan Riau.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

"22 TAHUN SUDAH RIAU DIBAKAR! Entahlah ini dapat disebut bencana atau malah musim karena asap tiap tahunnya menyelimuti Riau dan sekitarnya. #RiauDibakarBukanTerbakar #MelawanAsap #MasihMelawanAsap #SaveRiau. Video from ig lisa.sariani," tweet akun @asterlingz

"Yth Pak @jokowi , beginilah penampakan kondisi Riau & beberapa daerah lainnya yg terkena dampak pembakaran lahan oleh para binatang jalang! Semua foto tdk diedit sama sekali.#MelawanAsap #MelawanAsapRiau #RiauDibakarBukanTerbakar #RiauMelawanAsap #RiauBerasap #RiauDaruratAsap," tweet akun @SonyAndrio. 

"Ini di Riau Guys, ini ASAP bukan EMBUN. Pak @jokowi tdk tertarik ke Riau? Bingung pesawatnya mau mendarat di mana? di Padang pak, lalu menggunakan jalur darat ke Riaunya. Tdk ada alasan ya pak utk tdk mengunjungi Prov kami #RiauDibakarBukanTerbakar," tulis akun @renddy_kw. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya