Cara Telkomsel Dukung E-Sport yang Makin Digemari di Indonesia

Dirut Telkomsel, Emma Sri Martini
Sumber :
  • Dok. Tsel

VIVA – Perkembangan teknologi membuat gaya hidup manusia berubah dan semakin mudah. Era digital tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, termasuk menjadi jenis olahraga baru secara elektronik, atau lebih dikenal sebagai e-sport.

Profil Aura Jeixy, Pro Player PUBG yang Ditangkap Terkait Kasus Narkoba dengan Chandrika Chika

Mendukung perkembangan kompetisi digital tersebut, di Indonesia digelar acara konferensi e-sport pertama bernama IDByte 2019. Di acara tersebut, terdapat kompetisi PUBG Mobile dan juga ajang pencarian bakat untuk pegiat industri terkait seperti caster, streamer dan cosplayer.

Salah satu pembicara di kegiatan IDByte Esports 2019, Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini mengungkapkan keseriusannya mendukung penguatan ekosistem esports di Indonesia. Hal ini telah dilakukan sejak lama, mulai dari konektivitas berkualitas hingga ragam fitur dan solusi layanan bernilai tambah seperti penyediaan akses payment gateway. Ditambah menyediakan wadah ekosistem para pegiat esports melalui Dunia Games serta berpartisipasi mengembangkan konten esports sebagai publisher.

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

“2009, Telkomsel meluncurkan marketplace portal pertama di Indonesia berbasis Java, flash dan html yang diberi nama Dunia Games. Lalu di 2013, Dunia Games memperkenalkan sistem payment gateway Direct Carrier Billing (DCB), yang menghadirkan kemudahan pembelian aplikasi dan konten digital games menggunakan pulsa,” ujar Emma, dalam keterangannya, Sabtu, 14 September 2019. 

Esports: Ada Coach Justin, PUBG Mobile Gelar Turnamen Rayakan 6th Anniversary

Lalu, lanjut Emma, di 2016 fungsi Dunia Games dikembangkan sebagai media wadah komunitas, publisher, serta e-sport organizer esports di Indonesia. Kini Dunia Games juga dikenal sebagai satu dari lima media online esports terbesar di Indonesia, yang telah menerbitkan lebih dari 200 ribu artikel bagi para penggiat mobile games di seluruh Indonesia, bahkan juga di level regional Asia. 

Pengunjung aktif bulanan platform media Dunia Games kini telah melampaui 10 juta orang. Selain artikel ada lebih dari 900 video terkait mobile gaming juga dapat diakses melalui channel YouTube Dunia Games. 

Dunia Games juga telah menggelar lebih dari 1.000 event offline di seluruh Indonesia, dengan melibatkan lebih dari 60.000 peserta. Tidak berhenti sampai di situ, Telkomsel melalui Dunia Games kini juga membina tim profesional dari berbagai divisi game esports. 

Pada 2018, Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang berpartisipasi aktif sebagai publisher game dengan dirilisnya ShellFire. Hingga kini, aplikasi games bergenre action dengan subgenre FPS (First Person Shooter) dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) tersebut sudah diunduh sebanyak lebih dari 3,5 juta kali, baik melalui Google Play Store maupun App Store.

“Kami optimis bahwa industri esports di Indonesia akan semakin berkembang. Melalui Dunia Games, Telkomsel akan terus konsisten menjadi enabler bagi seluruh stakeholders di dalam industri esports Indonesia secara berkesinambungan. Telkomsel percaya kegiatan sejenis IDByte Esports ini akan semakin membuka banyak peluang bagi masyarakat mengekplorasi ekosistem esports secara positif,” tutup Emma.

Chairwoman IDBYTE ESports 2019, Shinta Dhanuwardoyo mengatakan, acara ini merupakan konferensi E-Sport pertama di Tanah Air, dan sudah dibuka secara resmi pada Jumat, 13 September 2019.

"IDBYTE ESports 2019 bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, akan potensi dan manfaat positif dari industri esports, yang sedang berkembang dengan sangat cepat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu 14 September 2019.

Baca juga: Bill Gates iri setengah mati sama Steve Jobs gara-gara ini

Shinta mengatakan, acara ini bisa menjadi wadah kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem baru tersebut. Sehingga, nantinya bisa mewujudkan industri yang kuat dan menghasilkan di Tanah Air. Menurutnya, e-sport bukan hanya kompetisi game maupun fenomena global yang sedang naik daun. 

Tetapi, sudah bisa dikategorikan sebagai industri yang sedang bertumbuh pesat, serta memiliki potensi untuk memberikan manfaat secara berkelanjutan, untuk perusahaan, masyarakat dan negara.

Penyerahan piagam di acara IDByte 2019

Acara ini diikuti oleh berbagai perusahaan yang berkecimpung di industri eSport global seperti Twitch, Razer, AirAsia, Activision Blizzard, ESL, Capcom, Dentsu dan One Esports. Selain itu IDBYTE ESports 2019 menyelenggarakan Bubu ESports Tournament atau B.E.S.T, untuk mendorong kesetaraaan gender melalui turname PUBG Mobile.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya