Ribut soal Jokowi-Pinokio, Nih Kisah Pinokio Masuk Islam

Pinokio.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gara-gara sampul majalah Tempo edisi September 2019 berisi karikatur Jokowi dengan bayangannya yang berhidung panjang mirip Pinokio, warganet jadi ramai membicarakan Pinokio. Tagar #pinokio pun menjadi trending topic di Twitter pada Senin, 16 September 2019.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Baca juga: Gambar Sampul Jokowi-Pinokio, Pandangan Warganet Terbelah

Pinokio adalah karakter boneka kayu ciptaan pria bernama Geppetto dalam buku dongeng klasik Carlo Collodi. Kisah Pinokio berasal dari Italia, namun diterbitkan pula dalam versi Turki dimana Pinokio menjadi seorang Muslim. 

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Mengutip dari laman Telegraph, dalam versi buku sekolah Turki, menyebutkan bahwa Pinokio meminta makanan dari sang ayah dengan nama Allah. 

"Demi nama Allah, beri aku roti," kata Pinokio kepada Geppetto, dalam buku yang dicap dengan logo Kementerian Pendidikan Turki. 

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

"Syukur kepada Allah," kata Pinokio kemudian. 

Pemerintah Turki melalui Kementerian Pendidikan merilis sejumlah kisah klasik dengan versi mereka sendiri. Selain Pinokio, Tom Sawyer karya Mark Twain, dan karakter lain juga disebut menjadi Muslim dalam buku itu. 

Tom Sawyer bahkan dikenal sebagai anak yang tidak suka belajar, namun dalam buku versi Turki disebutkan ia mau menyisihkan waktu untuk menghapal ayat-ayat Al Quran. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya