Logo WARTAEKONOMI

Hati-hati, Data Medis 16 Juta Pasien Tersebar di Internet

Waspada! Data Medis 16 Juta Pasien Tersebar di Internet. (FOTO: Reuters).
Waspada! Data Medis 16 Juta Pasien Tersebar di Internet. (FOTO: Reuters).
Sumber :
  • wartaekonomi

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta – Rekam medis dan data lebih dari jutaan pasien, termasuk sinar-X, MRI, dan CT scan, ditemukan di server tidak aman. Catatan ini mencakup data medis pasien di Amerika Serikat (AS) dan jutaan data kesehatan lain di seluruh dunia.

Melansir TechRadar, Rabu (18/9/2019), investigasi yang dilakukan oleh organisasi nirlaba ProPublica dan penyiar Jerman, Bayerischer Rundfunk, mengidentifikasi 187 server di AS yang tak dilindungi oleh kata sandi atau sistem dasar yang umumnya digunakan oleh bisnis dan lembaga pemerintah.

Menurut ProPublica yang dikenal dengan jurnalisme investigatif untuk kepentingan publik itu, tingkat paparan dipengaruhi jenis layanan kesehatan dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data.

Misalnya, server perusahaan AS, MobilxUSA yang menampilkan nama, tanggal lahir, dokter, dan prosedur penanganan milik lebih dari satu juta pasien. Data pasien itu dapat diakses hanya dengan memasuki kueri data sederhana.

"Sejak itu, perusahaan meningkatkan keamanannya," kata ProPublica.

Namun, secara total, ada lebih dari 16 juta rekam medis yang tersedia secara daring, mencakup nama, tanggal lahir, dan beberapa di antaranya juga memuat nomor Jaminan Sosial.

Di bawah hukum AS, penyedia layanan kesehatan dan rekan bisnisnya wajib mengamankan privasi data pasien. Menurut beberapa ahli, mengekspos data pasien artinya melanggar Undang-Undang Portabilitas dan Akuntabilitas Asuransi Kesehatan (HIPAA).