Anak Main Gadget Tanpa Edukasi Ibarat Pegang Pisau tapi Bingung

Anak bermain gadget.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Internet itu dunia maya yang memiliki dua sisi. Baik dan tidak baik. Kalau dari sisi baiknya dapat dilihat melalui pemanfaatan media sosial untuk berjualan maupun berkarya.

Cara Ini Bisa Bantu Ibu Cegah Anak Kecanduan Gadget

Namun, untuk sisi tidak baik, salah satunya, anak-anak yang main gadget tapi minim edukasi.

"Ketika kita (orangtua) memberikan akses internet ke anak itu ibarat pegang pisau tapi enggak tau buat apa. Itu seperti kita bukain pintu terus mereka (anak-anak) bisa melihat semuanya (di dunia internet)," kata Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jamalul Izza, di Jakarta, Kamis, 19 September 2019.

Terlalu Lama Main Gadget Sebabkan Kebutaan Ternyata Hoax

Ia mengaku terkadang ada hal yang terlupa saat orangtua memberikan akses internet kepada anak, yaitu perlunya edukasi mengenai positif dan negatifnya dunia maya.

Contohnya, ketika anak-anak sekolah dasar (SD) yang sudah memiliki gadget, tapi tidak dimodali dengan pendidikan soal internet itu sendiri.

Gadget Picu Mata Anak Minus, Ini Tips Pencegahannya

Edukasi inilah yang menjadikan APJII menyelenggarakan Miss Internet Indonesia selama beberapa tahun terakhir, termasuk tahun ini.

Menurut Jamalul, orang yang terpilih sebagai Miss Internet akan memberikan sosialisasi. Namun, bukan hanya satu pihak saja tetapi mulai dari orangtua hingga anak-anak.

"Kalau edukasi di kota-kota besar pasti sudah ada. Tapi kan tidak di daerah pinggir. Makanya, kita minta Miss Internet untuk sosialisasi ke sekolah-sekolah dan ibu-ibu," kata Jamalul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya