Enggak Ada Google Playstore di Smartphone Huawei Mate 30, Kok Bisa?

Bocoran Huawei Mate 30
Sumber :
  • The Verge/@EVleaks

VIVA – Nama Huawei cukup dikenal di pasar ponsel pintar di Dunia. Beberapa waktu lalu, merek smartphone asal Tiongkok ini melengkapi jajaran produknya, dengan meluncurkan produk Huawei Mate 30. Gawai pintar ini berhasil menarik perhatian banyak orang.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Bukan hanya fitur dan kemampuannya yang membuat penasaran, tetapi juga aplikasi di dalamnya. Huawei Mate 30 dikabarkan hadir tanpa adanya dukungan Google. Namun ketika diluncurkan, perusahaan sama sekali tidak menyebut sistem operasi yang akan menggantikan.

Dikutip dari situs Venture Beat, Sabtu 21 September 2019, CEO Huawei Consumer, Richard Yu mengatakan, Mate 30 series adalah smartphone dengan kinerja terbaik di dunia. Dia tak menampik, jika perangkat ponsel baru itu memiliki keterbatasan pada layanan Google.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Perusahaan yang berbasis di China ini memilih fokus pada App Gallery-nya sendiri, Ketimbang mengandalkan Google PlayStore. Pengguna, dijamin bisa mendapat sejumlah aplikasi populer, seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook tanpa perlu mengunduhnya dari Google PlayStore.

Dengan tidak adanya Google PlayStore, pengguna smartphone ini kemungkinan besar tidak bisa meng-install aplikasi di kategori lainnya, seperti Dropbox, Uber, Slack, Spotify, eBay, Strava, Tinder dan Netflix.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Tidak adanya layanan Google sepertinya bukanlah hal yang sepele. Selain itu, ditemukan banyak aplikasi peniru yang terlihat meragukan, membuktikan bahwa pengawasan App-Gallery masih kurang terjamin.

Selain tidak bisa menikmati layanan populer milik Google, ada juga puluhan aplikasi pihak ketiga yang biasa digunakan oleh pengguna smartphone yang tidak bisa dinikmati. Tentu saja, hal ini harus menjadi pertimbangan bagi konsumen yang ingin membeli Mate 30 series. 

Bisa saja layanan pencarian dinikmati melalui browser lain, tetapi pengalamannya tentu  akan terasa berbeda dan tidak efisien. Walaupun tidak memiliki Google PlayStrore, desain Mate 30 series memang patut diacungi jempol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya