Yeay, Instagram Rilis Fitur Anti Penipuan

Logo Instagram di kantor pusat, New York, Amerika Serikat
Sumber :
  • Instagram/@elena_gavin354

VIVA – Kamu sering main Instagram? Ada kabar baik nih. Media sosial berbagi gambar Instagram mengumumkan fitur terbarunya, 'Email dari Instagram' yang bakal bisa mengidentifikasi email phishing atau penipuan. Instagram mengumumkan kabar bagus itu di akun Twitternya. Jadi dengan adanya fitur ini, kamu bisa terhindar dari upaya tipu-tipu yang menyaru lewat email mengaku dari Instagram.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

"Hari ini kami meluncurkan fitur baru untuk membantu orang mengidentifikasi email phishing yang mengaku berasal dari Instagram. Fitur keamanan akun (bisa diakses di menu Pengaturan), memungkinkan siapa saja untuk memeriksa apakah email yang mengaku dari Instagram adalah asli," tulis akun Twitter, @instagram dikutip Selasa 8 Oktober 2019.

Dalam keterangan resminya, Instagram Indonesia mengatakan, fitur tersebut dapat membantu mencegah upaya peretasan akun dan penipuan. Fitur ini akan membantu pengguna memastikan, apakah email yang mereka terima adalah email resmi atau email palsu yang mengatasnamakan Instagram.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Juru bicara platform mengatakan, hacking dan phishing adalah perilaku yang sudah ada sejak lama. Namun, sekarang ini para pelaku kejahatan semakin pintar dalam membuat email palsu yang mengatasnamakan Instagram.

"Melalui fitur ini, kami ingin memberi kemudahan bagi pengguna untuk memastikan validitas setiap email terkait akun Instagram mereka secara langsung dari layanan Instagram, baik di perangkat mobile maupun desktop,” jelasnya.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Cara penggunaannya adalah dengan masuk ke menu ‘Pengaturan’, kemudian pilih ‘Keamanan’ dan pilih menu ‘Email dari Instagram’. Akan ada dua tab menu, ‘Keamanan’ dan ‘Lainnya’.

Tab ‘Keamanan’ berisi daftar email resmi yang dikirim oleh Instagram terkait keamanan akun dan aktivitas login dalam 14 hari terakhir. Sedangkan menu ‘Lainnya’ berisi daftar email lainnya di luar email keamanan akun, yang dikirim oleh Instagram dalam 14 hari terakhir. 

"Fitur ini merupakan komitmen berkelanjutan Instagram untuk terus menghadirkan fitur-fitur yang dapat membantu menjaga keamanan pengguna, sehingga mereka memiliki pengalaman yang positif saat mengakses Instagram," kata Instagram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya