Bentuk Federasi, Giring Ganesha Harap Atlit e-Sport Makin Berprestasi
Selasa, 8 Oktober 2019 | 17:17 WIB

Bentuk Federasi, Giring Ganesha Harap Atlit e-Sport Makin Berprestasi

Dia membentuk Federasi e-Sport Indonesia (FEI).
Giring Ganesha
Photo :
  • VIVA/Laras Devi Rachmawati

Giring Ganesha

VIVA – Federasi E-sports Indonesia (FEI) yang merupakan lembaga e-sports independen di Indonesia resmi dibentuk. FEI didirikan untuk membina, mengembangkan, dan menjamin keadilan e-sports Indonesia.

Organisasi ini terwujud sebagai hasil kerjasama para professional team owners, cybercafe, event organizer, esports player, game developer, serta publisher. Beberapa inisiatif yang akan digarap oleh FEI adalah proses regenerasi melalui aktivitas grassroots, kompetisi esports, standarisasi kualitas acara e-sports, dan kontrak pemain e-sports profesional.

Di Indonesia, e-sports mulai berkembang secara signifikan saat warung internet (warnet) mulai menjamur. Berawal dari game PC dan konsol, esports di Indonesia kemudian merambah ke ranah mobile dengan perkembangan pemain dan fans yang jauh lebih pesat. Seiring dengan kemajuan teknologi, game yang dipertandingkan dalam e-sports kian beragam sehingga mendorong pertumbuhan industri menjadi semakin memuncak.

Apalagi kejuaraan olahraga paling bergengsi se-Asia, yaitu Asian Games juga sudah resmi menjadikan esports sebagai salah satu cabang olahraga sejak tahun 2018 lalu.

“Esports bukan lagi sekadar hobi, tetapi sudah menjadi industri profesional yang harus dikelola secara profesional pula. Sebagai pelaku bisnis yang masih aktif terjun langsung di dunia esports, kami berkomitmen untuk selalu menghadirkan langkah nyata dalam membangun ekosistem esports Indonesia," kata Giring Ganesha, President Federasi Esports Indonesia di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2019.