Fotografer Jepret Bola Api Meteor di dalam Pesawat, Luar Biasa Jadinya

Bola api meteor di balik pesawat rute Singapura ke Australia
Sumber :
  • Facebook/Eric Wagner

VIVA – Melihat pemandangan barisan pegunungan berselimut awan di balik pesawat, menakjubkan bukan? Bagaimana kalau penerbangan malam kamu melihat bola api terang meteor yang masuk ke atmosfer Bumi, nggak kalah luar biasa kan?

Bumi Punya Tameng Langit

Nah pemandangan bola api meteor itu tersaji pada penerbangan malam rute Singapura ke Australia lho. Untungnya pemandangan langka itu diabadikan oleh fotografer Eric Wagner yang ada di balik jendela pesawat. 

Jepretan Wagner itu memang luar biasa, sampai-sampai Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memilih foto Wagner itu sebagai Picture of the Day. 

Geger Temuan Harta Karun yang Terbuat dari Meteor, Begini Penampakannya

Menurut NASA, penerbangan dengan pemandangan meteor itu terjadi pada 24 September 2019. NASA menjelaskan Wagner pada posisi tempat duduk yang ideal untuk mengabadikan fenomena astronomi tersebut. 

Posisi duduk Wagner pas banget menghadap ke arah Galaksi Bimasakti, yang memungkinkan kamera digital bisa merekam tonjolan pusat galaksi tersebut dengan pengaturan eksposur 10 detik.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

"Setiap kali saya terbang, saya melakukan yang terbaik untuk mendapatkan kursi yang menghadap Bima Sakti. Terkadang itu bekerja kadang tidak. Baru-baru ini saya terbang dan sepanjang waktu kami mengejar matahari terbenam dan tidak pernah cukup gelap untuk menangkap Bimasakti," tulis Wagner di akun Facebooknya dikutip Jumat 11 Oktober 2019.

Dia mengatakan, kala itu mengambil beberapa bidikan dan memotret dengan serangkaian eksposur 10 detik.

"Saya disuguhi pemandangan yang luar biasa saat saya menembak. Saya akan membiarkan foto berbicara sendiri. Bintang-bintang bisa sedikit lebih tajam karena ada sedikit memantul selama pemotretan tetapi secara keseluruhan saya suka jepretan," kata dia.

Nah, menurut NASA, kebetulan salah satu eksposur Wagner mampu menangkap bola api meteor yang cerah. 

"Ini adalah pertama kalinya saya dapat menangkap bidikan Bimasakti dari sebuah pesawat di belahan bumi selatan," kata Wagner.

Dalam foto yang dihasilkan, terlihat pada sepanjang sayap pesawat Airbus A380, terlihat garis kehijauan cemerlang, yang mana memantul pada lapisan sayap pesawat. 

Kemudian pada jepretan Wagner tersebut, nyala hijau cemerlang di dekat ujung sayap pesawat adalah Planet Jupiter.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya