Logo ABC

Calo Taksi Gentayangan di Bandara, Uber Dituding Merusak Pasar

Pengemudi taksi resmi di bandara Tullamarine mengeluhkan harus antri lama untuk bisa mendapat penumpang.
Pengemudi taksi resmi di bandara Tullamarine mengeluhkan harus antri lama untuk bisa mendapat penumpang.
Sumber :
  • abc

Ratusan penumpang telah mengeluhkan bahwa mereka tidak nyaman dengan para calo yang dengan agresif mencari penumpang di Bandara Tullamarine, Melbourne, Australia.

Namun, seorang pengendara mengatakan dia harus melakukan hal tersebut, karena itu satu-satunya cara agar dia bisa mendapat penumpang.

Pihak pengelola bandara terbesar di negara bagian Victoria itu mendesak agar penumpang menghindari para calo tersebut, dengan semakin banyak keluhan para calo tersebut bertindak "agresif" dan "berperilaku mengancam”.

Pihak bandara sudah mengusulkan penerapan aturan di mana praktik percaloan akan menjadi tindak kriminal, dan RUU itu sedang diajukan ke Parlemen Victoria.

Namun, pengemudi taksi mengatakan mereka tidak memiliki pilihan lain. Salah seorang pengemudi itu Khan Nasser mengatakan mereka hanya berusaha mendapatkan penghasilan tambahan.

Meski Nasser adalah pengemudi taksi resmi dan boleh mengambil penumpang dari tempat yang sudah resmi disediakan, namun mendekati penumpang di dalam terminal kedatangan di bandara adalah melanggar aturan.

Ia mengatakan sekarang itu satu-satunya opsi yang tersedia baginya. "Uber menghancurkan industri pertaksian, dan kami tidak punya pilihan lain. Itulah sebabnya kami berperilaku seperti calo." katanya.