Viral Ikan Berwajah Manusia, Cek Faktanya Yuk - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 12 November 2019 | 11:09 WIB

Viral Ikan Berwajah Manusia, Cek Faktanya Yuk

Video ikan wajah manusia itu dilabeli 'belum terbukti'.
Ikan mas berwajah manusia
Photo :
  • U-Report

Ikan mas berwajah manusia

VIVA – Belakangan viral video ikan berwajah mirip manusia di media sosial dan grup WhatsApp. Kalau dilihat sekilas memang tampak ikan yang bergerak tersebut menampilkan fitur layaknya wajah manusia. 

Tapi sebenarnya bagaimana faktanya? Pengecekan laman Snopes atas video ikan berwajah manusia itu menghasilkan beberapa temuan dan fakta lho. Kamu penasaran ya, yuk simak cek fakta ikan 'berwajah manusia' tersebut. 

Awal mula video

Penelusuran laman Snopes menunjukkan, video ikan berwajah manusia direkam di sebuah lokasi di China. Dari pengecekan audio dalam salinan video tersebut, suara orang yang muncul terdengar bercakap menggunakan bahasa China. Makanya berkesimpulan video ini asalnya dari China. 

TikTok

Video ikan berwajah manusia ini pertama kali menyebar pada platform Douyin atau populer dengan nama TikTok. Selain di TikTok, video ini menyebar di media sosial China, Weibo. 

Snopes mengakui mendapatkan video viral tersebut dari akun Facebook Newsflare. Namun video postingan akun itu merupakan salinan bukan video atau rekaman asli.

Asli atau tidak?

Laman Snopes melabeli video ikan 'berwajah manusia' itu dengan status 'belum terbukti'. Karena laman ini belum mendapatkan informasi sahih atas video viral tersebut. 

Laman ini mengakui fitur wajah mirip manusia memang nyata terlihat dalam video viral tersebut, kalau dilihat dari berbagai sudut pandang tertentu. Namun demikian karena belum ada informasi sahih maka video ini dilabeli 'belum terbukti'. 

Baca juga yuk: Ternyata Ini Alasan Adegan Joker Masuk Kulkas

Snopes mengatakan, video viral November 2019 ini tampak lebih meyakinkan dibanding video ikan berwajah manusia lainnya yang viral Juni 2019. Untuk foto viral pada Juni 2019, Snopes mengonfirmasi foto tersebut adalah rekaan digital yang membuat wajahnya mirip manusia.  

Ikan berwajah manusia lainnya

Nah ternyata guys, perlu kamu tahu. Sebelumnya sudah ada penampakan ikan dengan wajah mirip manusia lho. Dan kelihatannya ikan berwajah manusia ini satu jenis. 

Portal Ifeng News dalam laporannya April 2019 menunjukkan, ada ikan yang nampak punya wajah mirip manusia terlihat di sekitar Tsuruola City, Prefektur Yamagata, Jepang.

Dari gambar yang lebih dekat, ikan di Jepang itu memang terlihat punya fitur yang tak lazim, yang mana mirip wajah manusia. 

Nah, pada 2010 juga sempat viral tuh, serangkaian foto serupa ikan dengan wajah manusia. Kalau versi ini dilaporkan oleh laman Daily Mail. Dalam laporannya kala itu, wajah manusia pada ikan itu terlihat kalau dipandang dari sudut tertentu saja.

loading...
Muat Lainnya...