Logo BBC

Pegawai Kerap Tidur Siang, Negara Rugi Rp560 Juta

Seorang karyawan tertidur di sebuah kantor. - AFP/Getty Images
Seorang karyawan tertidur di sebuah kantor. - AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Amerika Serikat menerapkan larangan tidur siang di kantor. Tapi sejumlah pakar menyatakan sudah waktunya mengevaluasi kebijakan tersebut, tulis Jonathan Berr.

Pemerintah Amerika Serikat bersikap tegas mengenai perkara tidur siang di kantor.

Sejak lama, di kalangan pegawai pemerintah AS, praktik tidur siang di kantor dianggap sebagai hal tidak terpuji. Tetapi praktik tersebut tidak pernah secara resmi dilarang hingga baru-baru ini.

"Semua orang dilarang tidur di gedung-gedung pemerintah pusat, kecuali jika mendapat izin dari pejabat institusi," tulis badan Administrasi Pelayanan Umum Amerika Serikat awal bulan ini.

Tidak ada penjelasan di balik pernyataan resmi tersebut, tetapi ini bukanlah kali pertama sebuah badan pemerintahan merazia karyawan yang tidur saat jam bekerja.

Pada 2018, kantor audit negara bagian California merilis laporan yang mengungkap perilaku seorang karyawan Dinas Kendaraan Bermotor yang tidur hingga tiga jam sehari pada jam kerja.

Laporan tersebut memperkirakan, kebiasaan si pegawai telah menyebabkan kerugian negara hingga US$40.000 atau lebih dari Rp560 juta rupiah dalam empat tahun.