258 BTS 4G Telkomsel Selimuti Jalur Tol Trans Sumatera

Tol Trans Sumatera
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Jalur tol Trans Sumatera kini telah dipenuhi dengan ratusan BTS telekomunikasi. Dengan demikian, diharapkan tak ada lagi blank spot di sepanjang jalur tersebut sehingga pengendara bisa berkomunikasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Puncak Arus Balik Lebaran di Tol Trans Sumatera Diprediksi Besok

Supir yang berada di belakang kemudi memang tak boleh bermain ponsel saat mobil melaju di jalan, apalagi di jalur tol Trans Sumatera. Namun orang-orang yang berada di kursi penumpang bisa dengan leluasa bermain internet dan berkomunikasi saat mobil melaju. Semua berkat BTS 4G Telkomsel yang sudah terpasang di sepanjang jalur tersebut.

Total ada 681 base transceiver station (BTS) yang disematkan di sepanjang jalur utama tol tersebut. Dari jumlah itu, sebagian besar atau tepatnya 258 unit merupakan BTS 4G LTE. 

Lonjakan Volume Kendaraan di Tol Indrapura-Lima Puluh dan Binjai-Stabat Sumut

“Jalan tol yang merupakan jalur utama masyarakat menjadi fokus pemenuhan kapasitas jaringan Telkomsel. Hal ini kami lakukan untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan akses layanan telekomunikasi sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan Telkomsel yang lebih baik,” ujar Direktur Network Telkomsel, Iskriono, dalam keterangan resminya, Selasa, 26 November 2019.

Selain itu, untuk lebih optimal, Telkomsel juga mengoperasikan 3 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet, serta menambah kapasitas BTS. Selain itu Telkomsel juga fokus memaksimalkan kapasitas jaringannya di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru dengan total 2.226 BTS Telkomsel. 

Kendaraan Mudik Lewat Tol Trans Sumatera Naik 44 Persen H-3 Lebaran, Intip Ruas Terpadat

“Untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100 persen,” ujar Iskriono.

Secara keseluruhan Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 209.000 BTS di mana 77.501 merupakan BTS 4G dan berkomitmen menambah sekitar 22.000 BTS baru hingga akhir tahun 2019 ini. Selain itu untuk mempercepat penambahan coverage dan meningkatkan kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS di frekuensi 900Mhz. Sehingga dengan implementasi tersebut, Telkomsel kini memperluas jangkauan layanan 4G mencapai 95% populasi menjangkau hampir di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Gerbang tol Kisaran.(dok Hutama Karya)

Kendaraan yang Lewat Ruas Tol Trans Sumatera Ini Naik 194 Persen Periode Arus Balik Lebaran

Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) berjumlah 47.898 kendaraan atau lebih tinggi 194 persen dari volume lalulintas (VLL) normal.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024