Ngeri, iPhone 11 Bisa Diisi Hingga 14 Nomor Kartu

iPhone 11.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Smartfren jadi satu-satunya vendor telekomunikasi, yang sudah memiliki embedded SIM card atau eSIM di Indonesia. Saat ini, smartphone yang mendukung fitur tersebut adalah iPhone.

Jejeran HP yang Sudah Mendukung Teknologi eSIM

"Bisa pakai eSIM dari negara lain, sampai 14 nomor. Jadi, pengguna iPhone bisa dapat pengalaman yang maksimal," ujar Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin 9 Desember 2019.

Dalam kesempatan yang sama, Deputy CEO Mobility Smartfren, Sukatja Purwokardjono mengatakan, eSIM cocok untuk pengguna yang suka travelling, karena bisa mengangkut 14 nomor dalam satu perangkat.

Telkomsel Resmi Punya Layanan eSIM

"Biasanya kan, beli nomor lokal begitu sampai di satu negara. Tapi, kalau pakai eSIM enggak usah bongkar-bongkar buat ganti nomor. Kurang lebih kayak begitu, sangat nyaman," katanya.

Artinya, 14 nomor berbeda itu bukan semuanya bisa digunakan di Indonesia. Karena, jika dilihat dari regulasi, masyarakat maksimal hanya bisa memiliki tiga nomor yang terdaftar menggunakan data pribadinya.

Harga iPhone di iBox Turun hampir 50 Persen

"Kalau tiga-tiganya mau pakai Smartfren, bisa. Tapi, yang aktif cuma satu, ganti-gantian aja. Nah, kalau ke negara lain, enggak usah pindah-pindah, sudah otomatis," jelas Djoko.

Menurutnya, eSIM dengan kartu SIM fisik hanya berbeda teknologi fisiknya saja. Sedangkan untuk keuntungan dan ketentuan-ketentuan lainnya, masih sama. Misalnya, pada masalah masa tenggang.

Saat ini, pengguna iPhone yang menggunakan Smartfren angkanya mencapai 300 ribu, tapi yang menggunakan eSIM baru sekitar 5.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya