Logo WARTAEKONOMI

Apa Itu AdSense?

Apa Itu AdSense?. (FOTO: Unsplash/Lauren Edvalson)
Apa Itu AdSense?. (FOTO: Unsplash/Lauren Edvalson)
Sumber :
  • wartaekonomi

AdSense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Adsense bergerak di bidang agensi periklanan online yang menghubungkan advertiser (pemasang iklan) dengan publisher (pemilik situs atau blog).

Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog bisa mendapatkan pemasukan dari unit-unit iklan yang dipasang di halaman web mereka. Iklan AdSense yang tayang disesuaikan dengan konten dan pengunjung situs masing-masing publisher.

Para publisher yang ingin mengikuti program Adsense harus melakukan registrasi terlebih dahulu ke Google. Setelah mendaftar, para publisher baru bisa menayangkan iklan Adsense di situs web atau blog mereka.

Pemasukan yang didapatkan oleh pemilik situs web atau blog berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Adapun para pengiklan memasang iklan-iklan tersebut melalui program iklan bernama AdWords dengan tujuan untuk mempromosikan produk mereka. Karena pengiklan tersebut membayar berbagai iklan dengan harga yang berbeda-beda maka jumlah pemasukan yang diperoleh oleh publisher akan sangat beragam.

Dari sisi histori, program AdSense dikembangkan oleh Google setelah perusahaan teknologi tersebut mengakuisisi Pyra Labs pada Februari 2003 silam.

Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Google mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense.