WhatsApp Dipasang Iklan, Telegram jadi Pilihan

Aplikasi pesan instan WhatsApp dan Telegram.
Sumber :
  • Qumram

VIVA – WhatsApp bikin gebrakan di 2020. Layanan pesan instan milik Facebook ini kabarnya mengeluarkan kebijakan kontroversial, yaitu akan memasang iklan di platformnya. Tak ayal, kebijakan ini mendapat cibiran dari penggunanya. Mereka pun mengancam akan hengkang ke Telegram.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Dilansir dari laman Metro, Jumat, 3 Januari 2020, iklan seperti pisau bermata dua bagi Facebook. Satu sisi, sebagai induk dari WhatsApp bisa meraup banyak uang. Tapi sisi lain, justru menjadi bumerang bagi mereka, yakni kaburnya para pengguna WhatsApp.

Status ads atau iklan ini rencananya diluncurkan pada tahun ini, sekaligus menjadi pertanda atas perubahan besar untuk WhatsApp, di mana sebelumnya mereka dikenal dengan janji untuk tidak menayangkan iklan di platform tersebut pasca diakuisisi oleh Facebook.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Pengamat media sosial, Matt Navarra, membagikan foto-foto iklan di WhatsApp di akun Twitternya. Berbagai komentar dilontarkan netizen. Salah satunya bahwa mereka yakin separuh pengguna WhatsApp akan pindah ke Telegram.

Ada juga komentar yang mengatakan lebih baik membayar US$50 per tahun daripada melihat iklan di akunnya. Rencana iklan ini telah menimbulkan perpecahan yang dramatis antara duet pendiri WhatsApp, Brian Acton dan Jan Koum, dengan Mark Zuckerberg.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Mereka meninggalkan WhatsApp setelah Facebook mulai menjalankan strategi bisnisnya, yang mana bertentangan dengan perjanjian lama mereka. Ide pasang iklan di WhatsApp ini dikenalkan pada konferensi FMS19 di Berlin, Jerman.

Konsepnya adalah iklan akan muncul di antara status WhatsApp yang dibuat pengguna dan tampil dalam layar penuh.

WhatsApp.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Apple on Friday deleted WhatsApp and Threads from its App Store in China after being ordered to do so by the Chinese government.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024