Nasehat Gojek ke Ribuan Driver Ojol yang Mau Demo di Monas Siang Ini
Rabu, 15 Januari 2020 | 08:50 WIB

Nasehat Gojek ke Ribuan Driver Ojol yang Mau Demo di Monas Siang Ini

Aksi demo di Monas diperkirakan dihadiri 5 ribu ojol.
Demo pengemudi ojek online di Jakarta.
Photo :
  • Repro Instagram

Demo pengemudi ojek online di Jakarta.

VIVA – Presidium Nasional Gabungan Transportasi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono, menegaskan akan menggelar aksi demo di Lapangan Monas pada Rabu hari ini, 15 Januari 2020 pukul 12.30 WIB. Ia mengaku aksi demo ini akan dihadiri 5 ribu ojek online (ojol).

"Ya benar, kami akan kumpul di Irti Monas jam setengah satu siang. Estimasi (kehadiran) 5 ribu ojol. Kami membawa tiga tuntutan. Salah satunya mengenai legalitas driver ojol," kata Igun kepada VIVA, Selasa, 14 Januari 2020.

Aksi demo Garda Indonesia ini berkaitan dengan Revisi UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pemerintah diminta ikut mendorong DPR memasukkan revisi aturan tersebut agar roda dua memiliki pengakuan resmi sebagai alat transportasi publik.

"Jadi operasional ojek online menjadi resmi (legal) untuk bisa membawa penumpang secara komersil (berbayar)," kata dia. Selain itu, Igun menjelaskan kalau pihaknya ingin diadakannya evaluasi tarif ojek online se-Indonesia, dan membatasi penerimaan ojek online di kota atau daerah yang sudah terlalu padat ojek online.