Google Maps Bisa Lacak Ponsel Hilang, Begini Langkah-langkahnya
Kamis, 23 Januari 2020 | 06:16 WIB

Google Maps Bisa Lacak Ponsel Hilang, Begini Langkah-langkahnya

Google Maps akan melakukan pelacakan lokasi ponsel terakhir berada.
Google Maps.
Photo :
  • U-Report

Google Maps.

VIVA – Layanan peta digital Google Maps bisa melacak ponsel seseorang yang hilang. Sebelumnya, baik pengguna Android maupun iOS, jika ponselnya hilang maka mereka memiliki fitur khusus untuk mencari dan menemukan ponsel tersebut.

Pada Android memakai fitur Find Your Phone, sedang iOS atau iPhone, terdapat fitur Find My Phone. Melansir dari situs Gadget Snow, Kamis, 23 Januari 2020, sebenarnya ada cara lain untuk menemukan ponsel hilang, yakni memanfaatkan Google Maps untuk melakukan pelacakan lokasi di mana ponsel terakhir berada.

Syarat untuk dapat menggunakan Google Maps adalah pengguna harus memiliki ponsel lain atau PC yang sudah terkoneksi dengan internet. Mereka juga harus tahu ID Google serta kata sandi yang tertaut di ponsel yang hilang.

Langkah-langkah penggunaannya yaitu buka terlebih dahulu alamat website www.maps.google.co.id, kemudian login menggunakan Akun Google yang sudah ditautkan ke ponsel. Lalu klik atau ketuk ikon garis tiga horizontal di sudut kanan atas.

Kemudian, pilih 'Your timeline', dan di menu ini pengguna harus memasukkan tahun, bulan dan hari, yang berhubungan dengan saat hilangnya ponsel. Selanjutnya, platform akan membuka peta digital sesuai dengan riwayat lokasi di ponsel.

Akan tetapi supaya fitur ini bisa berfungsi dengan seharusnya, baik ponsel maupun layanan lokasi atau GPS di perangkat pun harus tetap aktif.

Selain menunjukkan arah, Google Maps juga dapat memberikan informasi tentang lokasi apa saja yang dekat dengan lokasi tujuan. Inilah mengapa banyak orang memilih Google Maps untuk menemani perjalanannya.

Namun, belum semua orang mengetahui 7 fitur yang dihadirkan oleh Google Maps:

1. Ada Info Titik Kemacetan

Dengan adanya Google Maps, Anda juga akan lebih mudah mengetahui tingkat kemacetan suatu area ketika hendak melakukan perjalanan. Kemacetan, biasanya ditandai dengan warna merah.

Informasi ini tentu saja sangat berguna, sehingga Anda dapat mengetahui perkiraan waktu sampainya Anda di lokasi tujuan. Anda juga dapat melihat alternatif perjalanan lain (jika tersedia) untuk meminimalisir atau menghindari kemacetan.