Logo WARTAEKONOMI

YouTube Ketiban Rejeki Nomplok dari eSports

Gamer eSports.
Gamer eSports.
Sumber :
  • MediaPost

YouTube mendapatkan hak eksklusif untuk menyiarkan beberapa liga eSports terbesar. Hal ini memberi Google dorongan dalam upayanya untuk mendorong ke dunia video game yang menguntungkan.

Dilansir dari Bloomberg, Senin, 27 Januari 2020, kesepakatan ini ditandatangani antara Google Alphabet Inc. dan penerbit video game Activision Blizzard Inc.

Kesepakatan tersebut memberi YouTube hak untuk menyiarkan Call of Duty League baru dan Overwatch League yang sudah populer.

Keduanya disiarkan di Twitch milik Amazon selama dua tahun terakhir dengan biaya US$90 juta. Sebagai bagian dari perjanjian, Google akan menyediakan jaringan infrastruktur cloud untuk game online Activision. Sayangnya, nilai dari kesepakatan multi-tahun ini tidak diungkapkan.

Gaming adalah ranah baru yang signifikan untuk Google. Tahun lalu, Google merilis layanan streaming game yang disebut Stadia, yang memungkinkan orang bermain game melalui internet tanpa harus membeli konsol atau komputer berdaya tinggi.

YouTube selalu menjadi tujuan utama untuk menonton orang-orang bermain video game, tetapi perusahaan tersebut mencoba mengambil lebih banyak wilayah dengan menggaet pemain-pemain game terkenal dari Twitch.

Sebelumnya, pengguna YouTube selama ini mungkin resah dengan keberadaan komentar netizen dengan akun anonim.