Foto Penampakan Erupsi Gunung Merapi, Asap Membumbung 2 Km

Erupsi Gunung Merapi pada Kamis, 13 Februari 2020
Sumber :
  • Twitter @seringterlewat

VIVA – Gunung Merapi baru saja mengalami erupsi pada Kamis, 13 Februari 2020 pagi tadi. Erupsi tersebut terjadi pada pukul 05.16 WIB.

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Status Gunung Merapi saat ini ada pada Level 2 atau Waspada. Status tersebut sudah ditetapkan sejak 21 Mei 2018. Melalui akun Twitter resminya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau BPPTKG membagikan penampakan Merapi saat terjadi Erupsi.  

Tweet tersebut diunggah sekitar pukul 5.34 WIB pagi atau tak lama sejak erupsi terjadi. Foto memperlihatkan Gunung Merapi yang mengeluarkan asap tinggi.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

"Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 13 Februari 2020 pukul 5.16. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo 75mm dan durasi 150 detik. Teramati tinggi kolom erupsi ±2.000 meter. Arah angin ke Barat Laut. #statuswaspada sejak 21 Mei 2018," tulis pihak BPPTKG, Kamis, 13 Februari 2020.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Foto yang diunggah diperlihatkan dari berbagai pos pengamatan. Foto pertama dari Pos Pengamatan Gunung Merapi atau PGM Ngepos, Magelang.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, Status di Level Waspada

Lalu ada juga foto dari PGM Babadan, PGM Kaliurang, dan PGM Jrakah. BPPTKG juga menerangkan kondisi cuaca, suhu udara, dan keadaan angin.

BPPTKG juga menuliskan tidak ada perubahan rekomendasi setelah erupsi terjadi. Masyarakat diingatkan untuk beraktivitas di luar radius 3 km dari puncak Merapi.

Masyarakat juga diharuskan menggunakan masker jika terjadi hujan abu. Ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya