Besok Asteroid 2002 PZ39 'Si Pembunuh Planet' Bakal Binasakan Bumi?

Asteroid
  • U-Report

VIVA – Asteroid yang tingginya melebihi menara Burj Khalifa yang notabene menara tertinggi di dunia sedang membuat geger penduduk bumi. Asteroid yang dikenal dengan nama asteroid 2002 PZ39 itu kabarnya bisa memicu kepunahan massal.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Kamu pasti tahu kan, kalau era dinosaurus punah karena hantaman asteroid pada beberapa juta tahun lalu. Kini, ancaman itu kembali datang di zaman modern. Batu angkasa tersebut akan melewati planet kita pada esok hari, Sabtu 15 Februari 2020.

Dikutip dari laman Global News, Jumat, 14 Februari 2020, Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) sendiri khawatir jika asteroid 2002 PZ39 akan membuat dampak besar. Pasalnya batu angkasa itu memiliki kecepatan 55 ribu kilometer per jam, menurut NASA Center for Near-Earth Object Studies (CNEOS).

Babak Baru Yosep Subang Pembunuh Tuti dan Amalia Segera Diadili

Didefiniskan sebagai asteroid berbahaya, PZ39 memiliki lebar dan berat yang fantastis. Beberapa khawatir keberadaannya bisa menjadi ancaman bagi planet-planet, termasuk Bumi.

Netizen mencoba mencari informasi soal ancaman asteroid itu. "NASA bisakah kau mengkonfirmasi apakah asteroid ini berpotensi menabrak Bumi atau tidak?," ujar seorang pengguna Twitter.

Perkosa Pacar Sambil Merekam Buat Mengancam, Seorang Pemuda Dicokok Polisi

Pertanyaannya itu muncul karena adanya laporan yang menyebut benda luar angkasa itu sebagai 'asteroid pembunuh planet'. Akun NASA Asteroid Watch menjawab bahwa itu tidak benar. Tidak akan timbul masalah dari asteroid 2002 PZ39 yang bakal melewati planet manusia.

Agensi asal negeri Paman Sam itu mengatakan kalau jarak asteroid terdekat akan mencapai 5,8 juta kilometer dan tidak akan lebih dekat dari itu. Jaraknya bahkan 15 kali lipat jauhnya dari bulan ke Bumi.

NASA sebenarnya memiliki sistem Sentry, di mana mereka mampu melacak asteroid yang berpotensi menyebabkan kerusakan yang sangat parah pada Bumi. Astronom umumnya akan tahu kapan dan di mana mereka akan melewati Bumi. Mereka juga mampu memperkirakan dampaknya hingga beberapa ratus tahun ke depan.

Namun sistem ini tidak mudah mengidentifkasi asteroid kecil. Tahun lalu saja, ada asteroid pembunuh kota yang lolos dari pengamatan. Beberapa hari sebelum melewati Bumi, jarak asteroid itu bahkan lebih dekat dari bulan.

Catatan menunjukkan bahwa 'asteroid pembunuh planet' yang akan melintas besok bukan termasuk yang memiliki jarak dekat dengan Bumi. Pada tahun 1979 asteroid itu pernah melintas sedikit lebih dekat tanpa diketahui siapa pun.

Kabar baik lain, asteroid 2002 PZ39 juga tidak seberapa dibandingkan meteor yang pernah mampir ke Bumi dan memusnahkan dinosaurus. Asteroid yang mengubah 'wajah' Bumi itu diperkirakan berukuran sekitar 16 kilometer.