Logo BBC

Ada Ledakan Besar di Alam Semesta Sejak 'Big Bang'

Ilustrasi Big Bang.
  • bbc

Sekelompok ilmuwan menemukan bukti terjadinya ledakan dahsyat di alam semesta sejak Big Bang, atau lima kali lebih besar dari ledakan lainnya yang pernah diamati.

Energi yang dilepaskan oleh ledakan itu diduga berasal dari lubang hitam supermasif berjarak sekitar 390 juta tahun cahaya dari Bumi.

Ledakan itu disebut meninggalkan bekas raksasa di gugus Galaksi Ophiucus. Para peneliti melaporkan temuan ini di jurnal ilmiah The Astrophysical Journal.

Para Astronom sejak lama berpikir ada yang aneh dengan gugus galaksi Ophiucus, satu kumpulan raksasa yang terdiri dari ribuan galaksi, gas panas, dan materi gelap atau dark matter.

Teleskop sinar X menemukan lengkungan yang ganjil di sana. Mereka berspekulasi lengkungan tersebut adalah tepi lubang pada gas panas yang dibuat oleh emisi dari lubang hitam atau dark hole di pusat.

Lubang hitam terkenal akan kemampuannya menghisap materi yang jatuh ke dalamnya, tapi ia juga bisa mengeluarkan materi dan energi dalam jumlah yang sangat banyak dalam bentuk aliran atau jet.

Namun, para ilmuwan awalnya meragukan penjelasan itu karena lubangnya begitu besar; sepadan dengan 15 galaksi Bima Sakti.