Jahe dan Kunyit Dinilai Ampuh Tangkal Virus Corona

Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI Latif Adam menilai penelitian soal rempah-rempah seperti jahe dan kunyit bisa ampuh menangkal wabah Virus Corona Covid-19 itu telah teruji kebenarannya.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Apabila ramuan rempah-rempah itu diminum secara teratur akan menambah imun tubuh. Maka, hal itu patut dibanggakan bahwa komoditas pertanian Indonesia yang ada di berbagai Tanah Air yang memiliki keunggulan.

Beberapa waktu terakhir muncul kabar adanya temuan guru besar Universitas Airlangga Chairil Anwar Nidom yang menyebutkan ramuan dari rempah seperti jahe, kunyit, sereh, dan temulawak bisa jadi penangkal Virus Corona.

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

"Selain ampuh tangkal Virus Corona, jahe, kunyit, dan rempah lainnya memang sudah dimanfaatkan lama sebagai bahan jamu tradisional untuk kesehatan. Inilah kehebatan komoditasi pertanian kita," kata Latif di Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.

Dengan begitu, Latif mengatakan, Indonesia dapat percaya diri kembali mempopulerkan keunggulan rempah nasional ke pasar dunia sehingga memberikan keuntungan ekonomi untuk negara.

5 Manfaat Rahasia Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

"Ini sebuah peluang ke depan, komoditas rempah Indonesia dapat berjaya lagi di kompetisi pasar internasional. Asal dikelola secara baik. Rempah menjadi salah satu unsur membawa pertanian kita berdaya saing," ujarnya. 

Untuk itu, ia mendorong Kementerian Pertanian yang sejauh ini telah punya keseriusan mengelola rempah dengan tekad membawa lagi jadi rebutan di perdagangan internasional.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua orang warga negara Indonesia (WNI) asal Depok, Jawa Barat, yang positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19 kini sudah ditangani di RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara. "Rumahnya di cek. Ibu dan anak. (Umurnya) 31 dan 61 tahun. Sudah melakukan isolasi rumah," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya