Ponsel China Bikin Ponsel Lipat Mirip Kertas Brosur, Tandingan Samsung

Ponsel lipat dan gulung buatan TCL.
Sumber :
  • Slashgear

VIVA – Ponsel China bikin ponsel lipat mirip kertas brosur. Jika ponsel dilipat setengah itu sudah menjadi hal biasa. Namun, konsep lain kini ditawarkan oleh TCL. Perusahaan elektronik asal China yang berniat menyaingi Samsung itu memiliki beberapa konsep soal ponsel lipat, di mana salah satunya dilipat menjadi tiga bagian atau trifold.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

Mengutip situs Wired, Senin, 9 Maret 2020, konsepnya seperti kertas brosur, yaitu ada tiga bagian layar pada ponsel tersebut. Akan ada dua mekanisme engsel terpisah yang secara bersamaan mengubah layar 6,65 inchi menjadi tablet sebesar 10 inchi. Tapi, dengan konsep melipat layar menjadi tiga, ponsel besutan TCL menjadi sangat tebal.

Konsep lainnya adalah ponsel gulung. Produk ini memiliki layar 6,75 inchi, namun bisa ditarik dan meningkat hingga 7,8 inchi, atau serupa dengan iPad mini tanpa perlu dilipat. Berbeda dengan layar lipat tiga, ponsel gulung ini sangat tipis hanya sekitar 0,35 inchi saja.

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

"Kami tidak malu untuk menunjukkan beberapa ide untuk terlibat dalam diskusi. Ini semua tujuannya untuk mendapat tanggapan positif Anda untuk kami pelajari," kata Manajer Umum Pemasaran Global TCL, Stefan Streit.

Ia sangat percaya jika mempelajari pasar lebih penting daripada langsung mengeluarkan produk, menjaga jumlahnya tetap rendah, serta dihargai tinggi. Ataupun, membuat konsumen menggunakan versi beta dan harus membayarnya. "Itu bukan gaya TCL," tegasnya.

Influencer dan Gamer dari Seluruh Dunia Siap Menyerbu Tangerang, Banten

Sebagai informasi, Samsung akhirnya resmi membawa ponsel lipat generasi keduanya ke Tanah Air, Galaxy Z Flip, setelah tahun lalu mereka merilis ponsel lipat generasi pertama, Galaxy Fold, yang dibanderol seharga Rp30,8 juta.

Vice President IT & Mobile Business Samsung Electronic Indonesia, Bernard Ang, mengaku telah memimpin pasar ponsel lipat sejak tahun lalu. "Samsung mengoptimasi Foldable UX pada Galaxy Z Flip, sehingga menjadi semakin mudah untuk penggunanya. Menampilkan layar lipat yang mengubah bentuk layar 6,7 inchi menjadi bentuk yang ringkas dan bergaya,” ujarnya.

Samsung Galaxy Z Flip memiliki layar 6,7 inchi FHD Plus saat dibuka. Terdapat layar kecil dibagian depan yang berfungsi untuk notifikasi, mengambil foto, dan angkat telepon. Ponsel lipat ini hadir dengan tiga kamera. Bagian dalam ponsel memiliki resolusi 10MP dan dua kamera belakang masing-masing 12MP. Ponsel lipat ini dihargai Rp21,9 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya