Perhatian, Warga Bisa Akses Gratis Situs COVID-19 dan SMS Blast

Penyemprotan disinfektan di rumah ibadah sebagai bentuk pencegahan Corona atau Covid-19.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan pembebasan kuota untuk mengakses laman resmi Covid-19, yaitu www.covid19.go.id. Kebijakan ini akan dimulai pada Senin, 23 Maret mendatang.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

"Kami telah berkoordinasi dengan operator seluler bahwa akses data situs resmi COVID-19, https://www.covid19.go.id/, gratis per tanggal 23 Maret 2020," ujar Menkominfo Johnny G Plate di Gedung Kominfo, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

Selain itu ada penyediaan kanal bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyebarluaskan informasi penangan pandemi COVID-19. Kanal ini salah satunya berupa SMS blast dengan pengirim adalah BNPB.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Johnny juga mengatakan nomor baru pelayanan darurat 117. Nomor ini juga dikatakan bebas pulsa secara eksklusif digunakan oleh BNPB. "Dan meminta operator telekomunikasi membuka koneksinya sesegera mungkin," ungkapnya.

Ia lalu menyebut soal sejumlah instruksi kepada Operator Telekomunikasi dan Penyedia Platform Digital. Dia bilang untuk operator seluler bisa menyediakan layanan akses internet dengan kapasitas dan kualitas layanan yang baik.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Adapula operator diminta untuk menyediakan produk layanan atau program yang mendukung implementasi kebijakan Presiden soal social distancing, serta menangkal hoax Corona, termasuk meminta gratis akses terhadap situs resmi penanganan Corona sama call center 117 dan 119.

"Menggratiskan akses terhadap situs resmi penanganan pandemi COVID-19 dan call center 117 dan 119. Menyediakan produk layanan/program yang mendukung implementasi kebijakan Presiden Joko Widodo terkait social distancing untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Menangkal hoax dengan aktif dan mendiseminasikan informasi yang benar kepada publik," tegas Johnny.

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024