Logo ABC

Setop Merokok Bantu Perangi Virus Corona di Indonesia, Benarkah

Ilustrasi orang merokok.
Ilustrasi orang merokok.
Sumber :
  • U-Report

Dengan peningkatan jumlah kasus Virus Corona COVID-19 yang dilaporkan semakin meningkat di Indonesia, berbagai upaya masih bisa dilakukan untuk menghindari diri dari pandemi ini.

Beberapa pakar psikologi di Indonesia yang dihubungi ABC News telah memberikan saran, seperti menghentikan kebiasaan merokok, yang bisa membuat resiko terhadap kesehatan meningkat.

Menghentikan kebiasaan merokok juga dapat menghemat uang yang kemudian bisa dipakai untuk membeli bahan kebutuhan pokok lain.

Belum ada data resmi mengenai sebab kematian korban virus corona di Indonesia, namun dari data yang sudah tersedia dari China, rata-rata mereka yang meninggal karena corona adalah pria berusia 56 tahun dan merokok.

Professor Yayi Suryo Prabandari dari Fakultas Kedokteran di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mendukung saran agar warga Indonesia yang merokok untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

"Yang pertama yang bisa dilakukan adalah berhenti merokok," ujar Professor Yayi dalam perbincangan dengan wartawan ABC Indonesia, Sastra Wijaya, hari Jumat (20/03).

"Kalau belum bisa, usahakan merokok di tempat yang disediakan dan bukan dalam rumah, di dalam gedung," tambahnya.

Prof Yayi Suryo Prabandari dari UGM Yogyakarta. Prof Yayi Suryo Prabandari dari UGM Yogyakarta.

Foto: Koleksi pribadi

Prof Yayi mengatakan usaha menurunkan tingkat merokok di Indonesia memang tidak gampang dilakukan.