Produsen Ponsel China Bicara Corona di Indonesia dan Pelemahan Rupiah

ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS CORONA
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Wabah Virus Corona COVID-19 bukan hanya menyerang dunia, tetapi juga sudah masuk ke Indonesia. Salah satu yang ikut terpengaruh adalah penjualan produk elektronik seperti ponsel pintar atau smartphone.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Ketika ditanyakan mengenai hal itu, Direktur Pemasaran Realme Indonesia, Palson Yi mengaku ada sedikit penurunan tetapi secara keseluruhan cukup stabil.

"Kami sekarang memonitor penjualan harian. Hingga sekarang kami cukup beruntung masih bisa menjaganya. Turun memang ada tapi masih sedikit lebih baik," ujarnya di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Palson juga mengatakan sudah memprediksi wabah tersebut dan melakukan beberapa persiapan sekitar satu hingga satu setengah bulan yang lalu, termasuk mempersiapkan tim yang turun ke lapangan untuk menjaga kesehatan mereka seperti menggunakan masker dan hand sanitizer.

Untuk produksi di pabrik, ia mengatakan masih berjalan sampai sekarang. Realme Indonesia juga telah melakukan pengamanan lengkap untuk para karyawannya.

Ada Ponsel China Murah Rilis di Indonesia

"Sama seperti tim yang ke lapangan, karyawan di pabrik wajib pakai masker dan hand sanitizer. Jika ada masalah dengan kesehatan maka mereka diwajibkan melakukan pengecekan," tegas Palson.

Soal produk Realme 6 dan Realme 6 Pro yang baru saja diluncurkan di Indonesia, Palson kembali menegaskan bahwa jumlah produk dan penjualannya masih aman.

"Kami sudah memperkirakan situasi ini tiga bulan lalu. Sejak saat itu juga kami mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk bahan baku," jelas dia.

Tak hanya itu saja. Realme mengaku memiliki rencana memberikan donasi di Indonesia. Namun, masih dalam tahap diskusi di internal. "Kami masih mencari cara yang tepat (memberikan donasi yang tepat)," ungkapnya.

Indonesia juga harus mengalami pelemahan rupiah terhadap dolar AS beberapa waktu terakhir. Kejadian ini juga berpengaruh terhadap dua produk baru mereka, yaitu Realme 6 dan Realme 6 Pro.

Palson mengaku jika beberapa di antaranya harus disesuaikan karena beberapa komponen perangkat mengalami kenaikan harga.

"Tapi ini kan sifatnya hanya sementara. Enggak akan kita naikkan terus-terusan. Kita pasti akan menyesuaikan kalau keadaannya kembali kondusif," klaim dia.

Sebagimana diketahui, Realme 6 dan Realme 6 Pro akhirnya mendarat di Indonesia. Untuk harga, Realme 6 dibanderol Rp3,3 juta untuk RAM 4GB/ROM 128GB dan RAM 8GB/ROM 128GB senilai Rp3,7 juta. Sedangkan Realme 6 Pro dihargai Rp4,5 juta dengan RAM 8GB/ROM 128GB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya