2 Faktor Utama Orang Bisa Terjangkit Virus Corona dengan Mudah
2 Faktor Utama Orang Bisa Terjangkit Virus Corona dengan Mudah
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-dw-2.png?v=8.7.12
Rabu, 8 April 2020 | 13:00 WIB

2 Faktor Utama Orang Bisa Terjangkit Virus Corona dengan Mudah

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/02/28/5e587d6537767-penting-7-tips-untuk-mencegah-infeksi-virus-corona_663_382.jpg
Photo :
    U-Report

Virus Corona COVID-19.

Polusi udara merupakan satu dari dua faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti Virus Corona COVID-19. Faktor lainnya adalah merokok.

Selain usia lanjut, polusi udara diyakini menyebabkan kekebalan tubuh menjadi lemah. “Jika kita hidup di kawasan polusi udara, paru-paru kita bereaksi seperti pada perokok. Artinya kita lebih rentan terhadap virus corona“, ujar Said Kofi Amegah, pakar epidemiologi dan air polusi udara di University of Cape Coast, Ghana.

Polusi udara menyebabkan lebih 7 juta kematian tiap tahunnya, demikian laporan WHO. Ini juga membuat wabah Covid-19 lebih mematikan. Karena pencemaran udara berkontribusi pada kondisi kesehatan kronis, yang membuat pasien lemah dalam menghadapi infeksi.

Risiko naik dua kali lipat

Aliansi kesehatan publik Eropa pekan lalu menyatakan, pencemaran udara diprediksi mengurangi kemungkinan tetap hidup dari serangan virus corona. Riset dari wabah sebelumnya juga menunjukkan, polusi udara membuat virus makin mematikan dan menyebar makin cepat.

Riset terhadap korban wabah SARS pada tahun 2003 menunjukkan, kemungkinan pasien meninggal di kawasan dengan cemaran udara tinggi, dua kali lipat dibanding pasien di kawasan cemaran udara rendah. Bahkan kawasan dengan polusi udara moderat, risiko kematian meningkat 84%.

Jika dinamika yang sama juga berlaku untuk Covid19, hal itu berarti beban tambahan untuk unit perawatan gawat darurat di rumah sakit di kota-kota yang biasanya diselimuti smog cemaran udara dengan kasus corona yang meningkat cepat. New York, Madrid dan London adalah tiga kota yang masuk kategori itu.

Pembunuh diam-diam

Saksikan Juga

Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia

TVONE NEWS - 4 bulan lalu