Logo WARTAEKONOMI

Bilik Sterilisasi Pakai Cairan Aman untuk Basmi COVID-19

Ilustrasi penyemprotan disinfektan ke manusia. (Foto/Twitter/@AlfianWahyuD)
Ilustrasi penyemprotan disinfektan ke manusia. (Foto/Twitter/@AlfianWahyuD)
Sumber :
  • U-Report

Penggunaan bilik sterilisasi dan penyemperotan disinfektan ke tubuh ramai menjadi perbincangan. Cara ini dinilai tidak efektif membunuh Virus Corona COVID-19, tapi justru berbahaya bagi tubuh.

Gorry Holdings, perusahaan health-tech pengembang aplikasi dan penyedia katering sehat, memberikan pengadaan bilik sterilisasi (sterilizer room).

Alat ini dipercaya dapat mencegah mikroorganisme berbahaya yang terbawa masuk ke dalam ruangan melalui pakaian, tas, dan barang bawaan.

Kepala Eksekutif Gorry Holdings Herry Budiman mengatakan, kotak antikuman dan virus tersebut bisa ditempatkan di gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan bahkan kompleks perumahan. Jadi menurutnya, ada banyak cara untuk menghindari COVID-19, selain mengukur suhu tubuh, juga bisa menggunakan sterilizer room.

"Upaya-upaya seperti ini dilakukan untuk mensterilisasikan pakaian yang akan dikenakan pengunjung hingga barang yang dibawa, seperti tas, yang akan masuk ke area publik, baik di masa karantina wilayah maupun pascakarantina," tuturnya di Jakarta, Rabu, 8 April 2020.

Herry menambahkan, dalam kerja sama tersebut, Gorry Holdings menyediakan cairan pembersih yang komposisinya menggunakan senyawa kimia tidak berbahaya dan ekstrak minyak tumbuhan. Bahan tersebut juga mengandung pH modifier dan aman untuk lingkungan, bahkan memiliki efek minimum terhadap kulit manusia.

Namun demikian, Gorry Holdings tetap berhati-hati dalam memilih senyawa untuk sterilizer room. Sebab cairan yang digunakan merupakan hasil teknologi dari NewGenn Research Ltd.