Logo DW

Kelompok Hacker Siap Serang AS dan WHO

Hacker.
Hacker.
Sumber :
  • YouTube

Kelompok hacker atau peretas siap menyerang Amerika Serikat (AS) dan Badan Organisasi Kesehatan (WHO) milik Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hal itu diungkapkan oleh pakar keamanan Alphabet Inc., induk usaha Google.

Para pakar keamanan siber itu telah mengidentifikasi belasan kelompok hacker yang didukung pemerintah menggunakan pandemi COVID-19 sebagai kedok percobaan serangan phising dan malware.

Serangan phising adalah sebuah metode penipuan untuk memperoleh informasi pribadi suatu akun seperti User ID, kata sandi, dan data-data pribadi lainnya melalui sebuah email.

Pada Rabu, 22 April 2020, Google mengatakan bahwa Departemen Analisis Ancaman mereka mengidentifikasi kelompok hacker tersebut menargetkan organisasi-organisasi kesehatan dunia, salah satunya Badan Kesehatan Dunia (WHO).

WHO dan organisasi internasional lainnya yang tengah bejuang melawan pandemi virus corona, berada di bawah serangan siber di mana para hacker berusaha mencari informasi mengenai pandemi ini.

Sebelumnya Google mengumumkan telah mendeteksi 18 juta serangan phising dan malware terkait COVID-19 per harinya melalui domain email mereka, Gmail.

“Satu serangan yang teridentifikasi berusaha menargetkan akun pribadi pegawai pemerintah AS dengan umpan phising berkedok waralaba makanan cepat saji Amerika dan pesan COVID-19,” jelas Google dalam pernyataan resmi di laman blog mereka.