Logo WARTAEKONOMI

Deretan Uang Kripto Paling Diburu, Tetangga Indonesia Jadi Surganya

Bitcoin.
Bitcoin.
Sumber :
  • The Cryptonomist

JAKARTA – Uang kripto atau cryptocurrency diketahui sebagai satu dari dua komoditas yang harganya justru bergerak kebalikan di mana jenis investasi lainnya, seperti saham maupun reksa dana, mengalami penurunan akibat wabah Virus Corona COVID-19. Adapun uang kripto yang sudah dikenal masyarakat luas adalah Bitcoin.

Salah satu sifat transaksi uang kripto yang diciptakan pada 2009 itu tidak mengenal batasan wilayah menjadi daya tarik utama bagi masyarakat sehingga berinvestasi dalam bentuk dua komoditas tersebut dapat terhindar dari potensi kerugian (potential lost) dari adanya selisih nilai tukar antarnegara serta inflasi.

Lantaran karakteristik transaksinya yang tak mengenal sekat wilayah itu membuat tetangga Indonesia, Singapura, bertekad menjadi negara ramah terhadap uang kripto seperti Bitcoin. Meski pemerintahnya menetapkan pajak yang cukup tinggi, yaitu tujuh persen.

Kendati demikian uang kripto bukan cuma Bitcoin. Beberapa cryptocurrency lain diketahui juga cukup terpercaya dan dalam beberapa kesempatan juga mengalami lonjakan harga cukup signifikan seperti halnya Bitcoin.

Apa saja cryptocurrency di luar Bitcoin yang menjanjikan cuan saat digunakan sebagai sarana berinvestasi? Berikut deretan cryptocurrency yang paling diburu, selain Bitcoin.

1. Ethereum (ETH)

Ethereum menjadi cryptocurrency kedua yang paling dikenal masyarakat setelah Bitcoin. Diciptakan pada tahun 2015 oleh Vitalik Buterin, Ethereum sebenarnya lebih dari sekadar mata uang digital, melainkan platform berbasis Blockchain yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang terdesentralisasi dan juga smart contract.