Logo DW

Kabar Gembira! Ganja Mampu Tingkatkan Resistensi Terhadap Virus Corona

Ganja.
Ganja.
Sumber :
  • dw

Ganja diklaim mampu meningkatkan resistensi terhadap Virus Corona. Pencarian vaksin untuk Virus Corona jenis baru, SARS-CoV-2 atau obat yang bisa menyembuhkan penyakit yang disebabkannya, COVID-19, telah membawa para peneliti menggunakan cara-cara tradisional dan yang kurang tradisional.

Mereka telah meneliti kandidat obat yang ada, seperti remdesivir, yang mulanya dikembangkan untuk mengobati Ebola. Sementara di Jerman, uji klinis pertama untuk vaksin Virus Corona dilakukan dengan kandidat vaksin yang justru dikembangkan untuk penanganan kanker.

Bahkan, ada sebuah studi dari Prancis yang menyatakan bahwa nikotin, yang biasanya didapatkan dari kebiasaan merokok yang kerap mematikan, dapat melindungi orang dari Virus Corona jenis baru ini.

Sekarang di Kanada muncul sebuah penelitian awal yang menyatakan bahwa jenis tertentu dari obat psikoaktif cannabis atau ganja juga dapat meningkatkan resistensi terhadap Virus Corona. Jika penelitian ini dapat diverifikasi, yang mana saat ini masih belum ditinjau oleh para ahli, maka cara kerjanya kelihatannya akan mirip dengan nikotin.

"Hasilnya terhadap COVID-19 berasal dari penelitian kami pada radang sendi, penyakit Crohn, kanker dan lainnya,” kata Dr. Igor Kovalchuck, seorang profesor Ilmu Biologi di Universitas Lethbridge, dalam email yang diterima DW.

Memblokir "pintu masuk” untuk virus

Seperti halnya penelitian tentang efek nikotin pada virus corona, diperkirakan bahwa beberapa jenis ganja, juga umum disebut cannabis atau marijuana, dapat mengurangi kemampuan virus untuk memasuki paru-paru, di mana ia bisa bertahan, bereproduksi, dan menyebar.