Asteroid dengan Wujud Berbeda Ditemukan di Dekat Jupiter
Senin, 25 Mei 2020 | 22:55 WIB

Asteroid dengan Wujud Berbeda Ditemukan di Dekat Jupiter

Asteroid ini memiliki ekor debu dan gas.
Ilustrasi asteroid.
Photo :
  • www.pixabay.com/Buddy_Nath

Ilustrasi asteroid.

VIVA – Asteroid biasa disebut planet minor, dan umumnya berbentuk seperti bebatuan di luar angkasa. Namun kali ini, ditemukan Asteroid dalam wujud berbeda karena berekor debu dan gas, seperti komet.

Penemuan ini tertangkap Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) dengan menggunakan dua teleskop yang berada di Hawaii. Setelah observasi lima tahun, ditemukan keganjilan pada asteroid yang dikenal sebagai 2019 LD2 pada Juni tahun lalu, dikutip dari The Register, Senin 25 Mei 2020.

Para ilmuwan meyakini asteroid dengan ekor debu dan gas itu, telah bertahan selama kurun waktu satu tahun. Asteroid tersebut berada dalam kelompok Trojan, yaitu kelompok besar benda langit yang berbagi orbit dengan Jupiter dan sama-sama mengelilingi matahari.

Saat ditemukan oleh ATLAS dan dianalisa Alan Alan Fitzsimmons dan David Young dari Pusat Penelitian Astrofisika di Universitas Belfast Queen menemukan 2019 LD2 memiliki perilaku seperti komet. Beberapa hari kemudian, James Armstrong dan Sidney Moss dari Universitas Hawaii melakukan pengamatan lanjutan mengonfirmasi temuan sebelumnya.