China Mau Bikin Gempar Dunia Jelang Idul Adha
Selasa, 26 Mei 2020 | 14:37 WIB

China Mau Bikin Gempar Dunia Jelang Idul Adha

Apa yang akan China lakukan mendekati Idul Adha?
Pesawat luar angkasa China.
Photo :
  • Youtube

Pesawat luar angkasa China.

VIVA – China mau membuat gempar dunia menjelang Hari Raya Idul Adha. Seperti diketahui, Idul Adha tahun ini jatuh pada 31 Juli. Badan Antariksa, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China (China Aerospace Science and Technology Corporation/CASC) mengumumkan segera meluncurkan misi ke Planet Mars pada Juli mendatang.

Mengutip situs Global Times, Selasa, 26 Mei 2020, pesawat luar angkasa China yang membawa robot penjelajah ini diharapkan mendarat di Planet Mars, serta mengirim robot tersebut untuk menjelajahi dan menganalisis permukaan yang dikendalikan dari jarak jauh atau Bumi.

Diperlukan beberapa bulan untuk menempuh jarak sekitar 55 juta kilometer (31 juta mil) antara Bumi dan Planet Mars, yang terus berubah karena orbit planet mereka. China telah melakukan misi serupa ke Bulan, dan pada Januari 2019 mendaratkan robot kecil di sisi gelap permukaan bulan, menjadi negara pertama yang melakukannya.

Informasi saja, China telah menginvestasikan miliaran dolar AS dalam program ambisiusnya mengirim misi ke Mars. Ini hanya satu misi dari beberapa lainnya, seperti mengirim manusia ke Bulan pada 2022. Adapun CASC merupakan kontraktor utama program antariksa China yang telah terlibat dalam proyek ini sejak 2016.