Marak Pengemis Online, Pemerintah Jangan Berpangku Tangan
Selasa, 26 Mei 2020 | 16:22 WIB

Marak Pengemis Online, Pemerintah Jangan Berpangku Tangan

Kominfo diminta mengedukasi masyarakat soal pengemis online.
Ilustrasi pengemis online.
Photo :
  • The Tribune

Ilustrasi pengemis online.

VIVA – Marak pengemis online, pemerintah jangan berpangku tangan. Artinya, pemerintah diminta melakukan edukasi kepada masyarakat yang juga pengguna internet untuk tidak memberikan bantuan apapun.

"Karena mengemis lewat dunia maya maka Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang harus bergerak. Fenomena ini harus diangkat, bahwa model mengemis seperti ini banyak modelnya. Publik juga diingatkan supaya tidak memberi bantuan apapun kepada pengemis online yang berkoar-koar di media sosial," ungkapnya kepada VIVA, Selasa, 26 Mei 2020.

Menurutnya, para pengemis online itu tidak jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, fenomena ini bisa berujung kepada aksi penipuan. Oleh sebab itu, pemerintah diminta hadir untuk memberi langkah apa saja yang harus dilakukan masyarakat.

Selain itu, Ismail juga mengingatkan pilihan memblokir atau menangkap orang-orang yang berperan sebagai pengemis online tidak diperlukan. Karena, jumlah pelakunya banyak serta identitas bisa saja bersifat anonim di dunia maya.